Saat Berdiri di Eskalator, Sebaiknya Di Sisi Kiri Atau Kanan ?

Saat Berdiri di Eskalator, Sebaiknya Di Sisi Kiri Atau Kanan ?

Pernahkah Anda menanyakan kepada diri sendiri, seumpama Anda sedang berdiri di eskalator (tangga berjalan), sebaiknya Anda harus berdiri di sisi kiri atau kanan? Belum? Mungkin sebaiknya Anda segera mencari tahu tentang hal ini karena kalau tidak bisa menyebabkan Anda mengganggu orang lain atau dianggap orang yang tidak tahu aturan.

O ya. Mungkin banyak orang yang memandang hal seperti ini sebagai sesuatu yang remeh dan tidak perlu diperhatikan. Tetapi, dalam kehidupan bermasyarakat selalu ada aturan untuk memastikan keteraturan dalam interaksi antar anggotanya.

Banyak aturan yang sudah dibakukan dalam bentuk tulisan, yang dikenal sebagai hukum atau peraturan. Meskipun demikian, lebih banyak lagi aturan yang tidak tertulis, yang kerap disebut norma, etika, adab, sopan santun, dan sejenisnya.

Dalam aturan yang tertulis disebutkan pula berbagai sanksi atau hukuman, jadi setiap orang biasanya sudah waspada. Sementara, dalam aturan tidak tertulis, biasanya sanksi tidak disebutkan, meski sebenarnya bisa lebih kejam dibandingkan hukuman yang tertulis. Sifat hukumannya berupa sanksi sosial, seperti bullying massal di medsos, hardikan, gerutuan, pandangan merendahkan, dan masih banyak lagi jenis sanksi sosial yang bisa diberikan kepada pelanggar etika atau norma.

Begitu juga dalam hal kecil seperti posisi berdiri di eskalator.

Banyak yang tidak menyadari bahwa disana ada aturan tidak tertulis dan bisa disebut sebagai sopan santun sesama pengguna fasilitas publik. Dan, juga ada sanksi sosialnya.

Bila Anda sedang menggunakan tangga berjalan yang kebetulan agak lebar, maka ruang yang ada akan cukup untuk setidaknya 2 orang. Oleh karena itu, Anda harus bisa menentukan berdasarkan etika yang berlaku di suatu tempat dan memutuskan dimana harus berdiri.

Jawabannya memang tidak pasti karena akan tergantung pada budaya dan adat istiadat di daerah tersebut. Tetapi, yang jelas Anda tidak boleh berdiri di tengah dan menguasai ruang itu seorang diri. Yang lebih sebaiknya tidak dilakukan adalah berdiri berdampingan dengan teman dan akhirnya memakai semua ruang. Ini bisa menjadi penghambat bagi orang lain.

Alasannya sederhana. Jika eskalator itu adanya di dalam sebuah pusat perbelanjaan, seperti mall, orang-orang disana biasanya berada dalam kondisi santai. Berbeda jika tangga berjalan itu berada di area sibuk, seperti stasiun, terminal bus, bandara. Banyak sekali orang yang berada dalam situasi terburu-buru.

Jika Anda berdiri di tengah, maka posisi Anda akan menghalangi dan mengganggu orang yang sedang terburu-buru tadi. Jadi, Anda harus berdiri di salah satu posisi sisi saja. Dengan begitu, orang-orang yang sedang terdesak waktu bisa berjalan lebih cepat di sisi lainnya.

Nah, di Indonesia sendiri memang banyak orang kurang paham, tetapi standar norma menyebutkan bahwa sebaiknya saat berdiri di eskalator, kita harus mengambil sisi sebelah KIRI dan membiarkan sisi KANAN kosong.

Hal ini mirip dengan peraturan lalu lintas di Indonesia, dimana jika hendak menyusul, maka kendaraan harus mengambil sisi KANAN. Menyusul dari sisi KIRI adalah kesalahan.

Tindakan seperti ini sudah umum dilakukan di banyak negara maju, dimana masyarakatnya bahkan tanpa perlu diperintahkan akan selalu mengambil posisi di KIRI, seperti di Tokyo, Jepang. Betapapun ruang di sebelah kanan kosong, pengguna eskalator tidak akan mau menempati sisi yang ini.

Agak berbeda sedikit dengan di Osaka dimana para pengguna tangga berjalan akan memilih sisi sebelah kanan dan ruang sebelah kiri akan kosong.

Dengan membiarkan sebagian ruang kosong, maka orang yang terburu-buru tidak perlu membuang waktu untuk mengatakan "PERMISI" dan menunggu orang di depannya menyingkir. Yang jelas juga, hal itu akan menghindarkan kita dari gerutuan atau hardikan dari mereka yang sedang dikejar waktu.

Sebuah hal sepel, tetapi bisa menentukan pandangan orang lain terhadap Anda. Apakah Anda orang yang tahu sopan santun atau tidak?

Silakan Anda untuk memilih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel