Satu Cara Sederhana Membantu Petugas Kebersihan Menjalankan Tugasnya

Satu Cara Sederhana Membantu Petugas Kebersihan Menjalankan Tugasnya
Petugas Kebersihan Tua Sedang Memunguti Sampah di Kolam Kebun Raya Bogor
Menjadi seorang yang sadar kebersihan itu sebenarnya tidak sulit. Tidak perlu harus ikut dalam kegiatan-kegiatan pecinta lingkungan atau pun turun berdemo ke jalan. Banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menjadikan diri sebagai orang yang ramah lingkungan.

Salah satu di antaranya adalah dengan cara membantu petugas kebersihan menjalankan tugasnya. Itupun bisa dilakukan dengan cara yang sama sederhananya. Tentunya, bisa juga ditambahkan dengan berbagai tindakan lain, tetapi untuk meringankan tugas mereka, ada satu cara kecil dan tidak memerlukan biaya.

Cara tersebut adalah dengan "MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA".

Betul sekali. Dengan melakukan hal yang satu ini, maka berarti kita sudah selangkah lebih maju menjadi seorang yang peduli lingkungan. Juga, jelas akan membantu meringankan beban petugas kebersihan yang sudah berat itu.

Bayangkan saja kalau kita melemparkan sampah sembarangan dan tidak pada tempatnya, misalkan di jalan. Petugas kebersihan yang seharusnya hanya perlu mengangkut sampah dari tong sampah ke atas truk harus meluangkan waktu tambahan untuk memungut sampah yang berada di luar tempat yang seharusnya.

Bila hanya satu, hal itu masih bisa diatasi, tetapi kalau 1000 orang seenaknya saja membuang sampah di luar tempat sampah, maka berapa banyak waktu yang harus dihabiskan oleh mereka untuk memungutinya? Banyak sekali.

Dan, kalau itu terjadi, maka tugas yang seharusnya mereka lakukan akan terabaikan karena waktu mereka akan habis hanya mengumpulkan sampah saja. Padahal, tugas mereka pasti banyak.

Tugas para petugas kebersihan menjadi lebih berat daripada seharusnya.

Dengan bertindak benar, yaitu membuang sampah pada tempatnya, tugas para petugas kebersihan menjadi sedikit lebih ringan. Tidak lagi mereka perlu menyapu dan mengambil sampah yang berserakan. Mereka cukup memindahkan isi dari tong sampah ke atas truk pengambil sampah saja.

Hasilnya, mereka bisa selesai tepat waktu dan tidak perlu bekerja lembur.

Sederhana. Melakukan sesuatu yang memang seharusnya akan membuat beban tugas para petugas menjadi lebih ringan.

Jadi, kalau memang mau melakukan sesuatu untuk membantu petugas kebersihan dalam tugasnya, mulailah dari hal yang sederhana, tetapi merupakan inti. Buanglah sampah pada tempat seharusnya. Jangan buang sembarangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel