Suzuki CV 1 - Bukan Mobil Mainan Biar Kapasitas Mesinnya Lebih Kecil Dari Motor Supra Fit - Museum Angkut Malang #7

Di salah satu sudut Museum Angkut, Batu, Malang ada satu sosok yang mungkin akan membuat orang bertanya-tanya, "Mengapa mobil mainan dipajang di museum ini?". Mau tidak mau karena penampakannya memang tidak mirip mobil sungguhan dan seperti tidak berbeda dengan bom-bom cara atau mobil mainan yang dewasa ini banyak dijual. Terlebih lagi warnanya kuning menyala.

Nah, cukup sampai disitu saja pemikirannya karena tentunya pengelola Museum Angkut tidak akan sebegitu bodohnya menampilkan mobil mainan dalam koleksinya. Pasti ada alasannya

Kendaraan yang dimaksud adalah Suzuki CV-1 dan jelas bukan mobil mainan. Suzuki adalah salah satu produsen mobil beneran terkemuka di Jepang dan Dunia. Produknya lalu lalang di jalan-jalan seantero dunia.

Walaupun demikian, memang tidak terhindarkan kesan bahwa mobil mini keluarannya itu mirip sekali dengan mobil anak-anak.

Silakan lihat bentuknya seperti di bawah ini (Foto karya Arya Fatin Krisnansyah)

Suzuki CV 1 - Bukan Mobil Mainan Biar Kapasitas Mesinnya Lebih Kecil Dari Motor Supra Fit - Museum Angkut Malang #7

Mobil Suzuki CV-1 adalah mobil mini keluara Suzuki antara tahun 1981-1985. Kendaraan mikro ini memang didesain demikian untuk mengatasi masalah kemacetah yang banyak terjadi.

Kapasitas mesinnya memang sangat kecil, bahkan bila dibandingkan dengan sepeda motor Supra Fit saja masih lebih kecil lagi. Bila Supra Fit memiliki kapasitas mesin 99 cc, maka Suzuki CV-1 hanya memiliki 50 cc saja. Setengahnya.

Mobil ini hanya bisa mengangkut satu penumpang saja, yaitu pengemudinya. Ruang yang ada memang didesain sedemikian rupa. Rupanya diniatkan sebagai pengganti sepeda motor.

Dengan cc yang tidak besar itu, CV-1 dapat "merangkak" dengan kecepatan 32 kilometer perjam, yag cukup untuk menjelajahi kota yang penuh kemacetan.

Meskipun demikian, kendaraan mini ini tetap memiliki 4 roda. Dua di bagian depan normal sedangkan di bagian belakang 2 rodanya agak berdekatan.

CV-1 pertama kali tampil di perhelatan Tokyo Motor Show ke-24 tahun 1981.

Untuk mengendarai Suzuki CV-1 tidak diperlukan SIM untuk mobil, tetapi SIM motor pun bisa. Meskipun demikia, perubahan terhadap hukum yang menjadi dasar keluarnya SIM di Jepang tahun 1985 menyebabkan produksi kendaraan mini ii dihentikan.

Nah, itulah Suzuki CV-1. Meski kecil, jelas bukan mobil mainan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel