Taman Soedjana Kassan : Taman Burung Garuda di Kebun Raya Bogor

Taman Soedjana Kassan : Taman Burung Garuda di Kebun Raya Bogor

Pernahkah Anda ke Kebun Raya Bogor ? Mudah-mudaha pernah. Tahukah Anda disana ada sebuah taman, di sebelah Utara kebun botani pertama di Asia Tenggara itu ada sebuah taman yang indah dan memiliki sebuah ciri unik yang susah dilupakan? Namanya Taman Soedjana Kassan.

Taman ini kerap disebut juga dengan Taman Burung Garuda. Alasannya karena di dalam taman itu ada sebuah sosok yang menyerupai penampakan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila.

Sosok garuda ini susah dilihat kalau kita berdiri di tamannya sendiri. Penampakan garudanya baru bisa terlihat kalau kita berdiri di dataran yang lebih tinggi dari taman itu.

Bentuk garudanya sendiri terbentuk dari deretan beberapa macam tanaman yang biasa dipakai untuk menghias taman. Untuk membentuknya dibatasi dengan semen setinggi 5-10 cm.

Di saat musim kering dimana hujan kurang, bentuknya kurang enak dilihat, tetapi di musim hujan dimana tanaman tumbuh subur, bentuk garudanya akan terlihat jelas.


Taman Soedjana Kassan sendiri memiliki nilai historis juga. Taman ini dibuat sebagai penghargaan bagi orang Indonesia pertama yang menjadi direktur Kebun Raya Bogor. Sebelumnya, jabatan tersebut selalu dipegang oleh orang asing, terutama dari Belanda dan Jerman.

Baru pada tahun 1959, KRB dipegang oleh bangsa Indonesia. (Sumber : Lovely Bogor )

Lokasi taman ini terletak tidak jauh dari Pintu III Kebun Raya Bogor.

Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin berkumpul dan bersantai bersama keluarga karena memiliki tanah lapang yang cukup luas. Selain itu pemandangannya sendiri sangat indah karena banyak sekali terdapat pohon Bougainville di sekitarnya.

Sesuatu yang patut dikunjungi saat berada di Bogor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel