Toyota Crown Deluxe 1972 : Andalan Pejabat Jepang ..Dan Supir Taxi

Bila Anda berkunjung ke Museum Angkut, Batu, Malang, Jawa Timur, Anda mungkin akan melihat deretan kendaraan tua, antik, dan kuno berparade. Tidak setiap hari, tetapi ada kalanya parade dilakukan untuk memperlihatkan berbagai kendaraan roda empat yang pernah berjaya pada masanya.

Salah satu dari sekian banyak kendaraan kuno yang dengan gagah tampil adalah Toyota Crown Deluxe keluaran tahun 1972.

Wujudnya seperti foto karya Arya Fatin Krisnansyah di bawah ini.

Toyota Crown Deluxe 1972 : Andalan Pejabat Jepang ..Dan Supir Taxi

Bagi Anda yang lahir di era tahun 1960-1970 an mungkin masih sempat menyaksikan produk perusahaan mobil terkenal di Jepang ini berlalu lalang di berbagai kota di Indonesia. Meski tidak sepopuler saudaranya, si Corolla, tetapi versi Crown cukup banyak ditemukan pada masa itu.

Kendaraan ini termasuk kategori "mewah" dan ditujukan untuk kalangan tertentu. Hal itu bisa terlihat dari kapasitas mesinnya yang berada di atas 2000 cc atau tepatnya 2600 cc. Kapasitas ini menunjukkan bahwa Toyota Crown Deluxe ditujukan bagi kalangan yang tidak terlalu memikirkan harga bensin karena dengan kapasitas mesin sebesar itu termasuk dalam kategori boros bahan bakar.

Tentunya diimbangi dengan kemampuan untuk melaju dengan kencang di jalanan.

Di Jepang sendiri, keluarga Toyota Crown masih diproduksi dan sekarang sudah mencapai generasi ke X atau sepuluh. Pertama kali versi Crown atau Mahkota keluar di tahun 1955.

Versi yang tampil di Museum Angkut adalah generasi ke-4 yang diproduksi antara tahun 1971-1974.

Toyota Crown Deluxe pada masanya merupakan kendaraan andalan banyak pejabat di pemerintahan Jepang. Meskipun demikian, versi yang satu ternyata bukan hanya dipergunakan para pejabat saja.

Masyarakat umum pun sering menggunakannya. Bukan sebagai kendaaan pribadi, tetapi karena juga dipergunakan sebagai Taxi pada masanya.

Kesuksesan Crown menginspirasi kelahiran berbagai versi Toyota lainnya, yang namanya masih terkait dengan arti kata Crown sendiri, yaitu mahkota. Contohnya Corolla yang artinya dalam bahasa Latin berarti "Mahkota Kecil".

Jadi, kalau Anda kebetulan berkesempatan datang ke Museum Angkut, ada baiknya Anda mencoba menyempatkan melihat yang satu ini. Mau tidak mau, Toyota Crown Deluxe 1972 bisa dikata merupakan kendaraan yang menjadi inspirasi bagi kelahiran berbagai jenis produk Toyota lainnya. Dan, juga sambil mengingat bahwa ribuan supir Taxi di Jepang pernah menggantungkan nafkahnya dari kendaraan yang satu ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel