25 Fakta Menarik Tentang Swedia - Negeri Yang Memanjang

Fakta Menarik Tentang Swedia - Negeri Yang Memanjang

Det avlånga landet, The elongated country adalah salah satu dari beberapa julukan Swedia, sebuah negara yang berada di kawasan lingkaran Kutub Utara. Nama itu bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya "Negeri Memanjang".

Julukan ini sering dipergunakan bangsa Swedia yang merujuk dan bangga pada bentuk negaranya yang memanjang dari Utara ke Selatan (Lihat peta di atas).

Dan, ini hanyalah salah satu fakta tentang Swedia, selain tentunya fakta lain bahwa kesebelasan nasionalnya termasuk yang ditakuti di Benua Biru Eropa. Beberapa nama pesepakbola tenar berasal dari negara ini, seperti Zlatan Ibrahimovic, Henrik Larsson, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain nama, pesepakbola, ternyata masih banyak lagi fakta menarik tentang Swedia yang sebagian besar belum diketahui (terutama oleh orang Indonesia).

Silakan lihat di bawah ini.

Fakta Menarik Tentang Swedia Si Negeri Memanjang

1. Nobel

Pernah mendengar tentang penghargaan Nobel? Penghargaan yang diberikan kepada orang-orang yang memberikan karya yang luar biasa kepada dunia diambil dari nama Alfred Nobel. Ia mendonasikan seluruh hartanya untuk memberikan penghargaan ini kepada mereka yang berkontribusi penting bagi dunia.

Dan, Alfred Nobel adalah orang Swedia yang lahir di Stockholm pada tahnn 1833 dan meninggal di kota yang sama 1896

2. Hampir 2/3 wilayahnya adalah hutan

Luas negara ini menurut Wikipedia adalah 450.295 kilometer persegi dan tercatat 280.650 kilometer persegi adalah hutan. Persentase hutan dari luas wilayahnya adalah 62 persen atau hampir 2/3-nya

3. PT tertua 

PT, Perusahaan Terbatas pertama di dunia lahir di Swedia. Falu Koppargruva AB berdiri tahun 1288 .

4. Populasi moose bisa menjadi satu kota

Moose / Elk atau Rusa Kutub/Tundra adalah hewan yang memiliki populasi sangat banyak dan hidup dengan bebas di hutan-hutan Swedia. Jika dikumpulkan, populasinya cukup untuk menjadi sebuah kota sedang.

Jumlah Moose di negara ini mencapai 300-400 ribu ekor. Untuk membatasi jumlahnya supaya tidak berkembang terlalu banyak, setiap tahunnya diadakan perburuan tahunan dan setiap musim perburuan, kurang lebih 100 ribu ekor dibunuh.

Fakta Menarik Tentang Swedia - Negeri Yang Memanjang

5. Negara terluas ke-5 di Eropa

Memiliki luas wilayah daratan 450 ribu kilometer persegi membuat Swedia menjadi negara terluas ke-5 di Benua Biru, Eropa


7. Di Swedia dilarang memukul anak

Hati-hati memukul anak di negara ini karena sejak tahun 1979, hukum disana melarang kekerasan terhadap anak dan Swedia merupakan negara pertama di dunia yang menerapkan aturan ini.

8. PPN 25%

PPN di Indonesia 10% saja sudah membuat banyak orang berkeluh kesah, bagaimana kalau tinggal di Swedia.

Negaranya Zlatan Ibrahimovic ini menerapkan PPN atau Pajak Pertambahan Nilai yang tinggi, lebih dari dua kali Indonesia. Disana PPM mencapai 25% dan merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.

9.  Pengimpor Sampah

Sementara negara lain masih berkutat untuk menangani sampah, Swedia justru menjadi negara pengimpor sampah. Sejak tahun beberapa tahun terakhir, Swedia sudah mendatangkan sampah dari negara-negara tetangga di Eropa. Jumlahnya cukup mencengangkan antara 800.000 - 2 juta ton sampah pertahun.

Sampah-sampah ini dipergunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik yang ada disana.

10. Salah seorang rajanya pernah menjadi bajak laut

Sejarah Swedia mencatat nama Eric XIII yang berjuluk "Erik Dari Pommern" pernah digulingkan dari tahtanya tahun 1439. Setelah itu ia menjadi Raja Bajak Laut di Laut Baltik selama 10 tahun

11. Pengekspor musik

Pernah dengar nama tenar seperti ABBA yang terkenal dengan single Mamma Mia yang kemudian menjadi sebuah film terkenal. Kemudian, Roxette, Ace of Base. Semuanya berasal dari Swedia atau memiliki pentolan berdarah negara ini.

12. Tidak terlibat dalam perang selama hampir 2 abad

Swedia terkenal dengan banyak produk militernya, nama seperti SAAB Gripen adalah salah satu produk industri militer di negara tersebut. Tetapi, fakta mengatakan bahwa negara memanjang ini tidak terlibat dalam perang manapun, termasuk dua Perang Dunia, selama hampir 2 abad.

13. Artinya "Kerajaan Kita"

Nenek moyang orang Swedia Svear menyebut negaranya sebagai Sverige yang artinya "Kerajaan Kita".

14.  Memiliki cuti merawat anak

Di Indonesia ada cuti melahirkan bagi pekerja wanita, yaitu selama 3 bulan. Di Swedia ada cuti "merawat anak" yang berlaku bagi pria dan wanita. Secara total ada jatah 480 hari cuti jenis ini dimana 60 hari adalah jatah untuk ayah

15.  Memiliki 95.700 danau

Swedia memiliki danau yang berukuran 100 X 100 meter sebanyak 95.700 buah. Secara total wilayah danau ini sama dengan 10% dari total wilayah daratan Swedia

16.   Satu keluarga = 120 Moose/Tahun

Rusa kutub, moose adalah penyedia daging utama di negara ini dan jumlahnya tersedia banyak. Oleh karena itu, setiap keluarga di Swedia memiiki hak untuk memburu dan memangsa 120 ekor setiap tahunnya

17. Stockholm " Venesia Dari Belahan Bumi Utara"

Ibukota Swedia, Stockholm merupakan salah satu kota di Eropa yang dijuluki Venesia Dari Utara. Semua itu karena kota ini dibangun di perairan yang dikelilingi 12 pulau kecil dan 42 jembatan

18.  Glogg

Minuman tradisional khas dari negara ini adalag Glogg, yaitu anggur (merah) yang dihangatkan dan dicampur dengan rempah-rempah Biasa diminum hangat atau panas saat musim dingin

19.  Pippi Longstocking

Pernah dengar buku cerita anak-anak yang kalau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menja Pippi si Kaus Kaki Panjang? Buku ini sangat terkenal, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Penulisnya adalah Astrid Lindgren dari Swedia.

Pertama kali bukunya ditolak oleh penerbit, tetapi pada tahun 1945 buku karangannya memenangkan kompetisi buku anak. Sejak itu 100 buah karya Astrid bukunya diterjemahkan dalam 74 bahasa, termasuk Indonesia

Fakta Menarik Tentang Swedia - Negeri Yang Memanjang
Drottningholm Palace

20. Vasaloppet

Salah satu even olahraga paling terkenal di Swedia adalah Vasaloppet (Pacuan Vasa). Event ini adalah cross country bagi para pemain ski salju dan menempuh jarak 90 kilometer. Titik startnya berada di Salen dan berakhir di Mora.

Acara ini diselenggarakan untuk mengenang Gustav Vasa yang melarikan diri dari tentara Denmark pada tahun 1521 yang menempuh jarak tersebut untuk membentuk pasukan petani. Dengan pasukan itulah Gustav Vasa kemudian berhasil mengusir tentara Denmark dan menjadi raja.

Event olahraga ini dimulai pada tahun 1922 dengan lebih dari 14 ribu peserta. Dilakukan setiap tahun pada hari Minggu pertama di bulan Maret.

21. Penggemar McDonald's

Tidak akan sulit mencari fast-food McDonald's di Swedia. Negara ini memiliki rasio restoran McD perkapita paling tinggi di Eropa untuk restoran burger itu. Ada paling tidak 227 restoran dan secara keseluruhan hanya bisa dikalahkan oleh Amerika Serikat, negara dari mana brand restoran siap saji ini berasal.

22. Sepakbola : olahraga nomor satu

Olahraga nomor satu di Swedia adalah sepakbola. Prestasi kesebelasan nasionalnya juga mencorong di benua biru tersebut dan banyak pemain Swedia bermain di klub ternama di Premiere League atau liga lainnya. Posisi kedua sebagai olah raga terpopuler adalah innebandy, yaitu semacam hoki di dalam ruangan.

23. Tawon : binatang pembunuh nomor satu

Jarang sekali terjadi kematian yang disebabkan oleh hewan di Swedia, meski tetap terjadi beberapa kasus. Binatang yang paling banyak menyebabkan kematian secara langsung kepada manusia adalah tawon. Hewan penyengat ini menewaskan rata-rata satu orang setiap tahunnya

24. ALLEMANSRÄTTEN

Istilah ini mengacu pada sebuah hak milik warga Swedia bahwa mereka boleh melintas, mendirikan kemah, bersepeda, camping di alam bebas tanpa harus meminta izin atau membayar. Bahkan, mereka diperkenankan untuk melintas tanah hak milik orang lain tanpa harus meminta izin pemiliknya.

Perkecualian hanya dilakukan pada taman pribadi, rumah tinggal, dan tanah yang sedang diolah.

Hak ini juga memberikan hak untuk memetik bunga, buah berry yang tumbuh di alam liar. Berenang di sungai juga diperbolehkan.

25. Harapan hidup tinggi

Orang Swedia memiliki tingkat harapan hidup tinggi, salah satu yang tertinggi di dunia. Wanita Swedia rata-rata bisa mencapai 80 tahun, sedangkan pria hanya 74 tahun saja.

Tingkat kelahiran sangat rendah hanya 1,7 per-wanita.

Nah, itulah 25 fakta menarik tentang Swedia. Mana yang sudah Anda ketahui?

-------
Referensi :

- Europeisnotdead.com
- Sweden Facts
- Interesting Facts About Sweden

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel