Big Ben Nama Bel Besar Bukan Jam Besar - London, Inggris

Big Ben Nama Bel Besar Bukan Jam Besar - London, Inggris

Bila Anda mendengar nama BIG BEN, atau si BEN BESAR, apa yang langsung terbayang di benak Anda? Pasti kebanyakan orang pikirannya akan langsung tertuju ke salah satu ikon di kota London Inggris yang berbentuk menara dengan 4 jam besar menghadap ke 4 arah. Itulah Big Ben yang dikenal banyak orang.

Padahal, sebenarnya tidak tepat demikian. Nama menara jam setinggi 96 meter dengan lebar setiap sisi 12 meter itu bernama "Clock Tower" atau Menara Jam saat berdiri hingga tahun 2012. Kemudian, nama itu diganti dan diputuskan menjadi Elizabeth Tower atau Menara Elizabeth yang diajukan 331 anggota perlemen Inggris (lokasi menaranya memang dekat gedung parlemen Inggris).

Jadi, nama menara jam itu bukan BIG BEN.

Lalu, Big Ben itu sendiri untuk apa?

Menara jam yang didesain oleh Augustin Pugin dan selesai dibangun tahun 1859 itu mengeluarkan dentang setiap 15, 30, 45, 60 menit. Oleh karena itu menara jam ini selain sebagai ikon kota juga merupakan salah satu penanda waktu bagi warga London. Keakuratannya diakui di seluruh dunia sampai sekarang.

Dentangan itu berasal dari 5 buah bel besar yang terdapat di dalamnya.

Big Ben Nama Bel Besar Bukan Jam Besar - London, Inggris

Nah, salah satu dari ke 5 bel itu adalah Big Ben, yaitu yang terbesar dan berada paling tengah.

Beratnya mencapai 13,5 ton. Bel besar ini ukurannya 2,5 ton lebih kecil dari bel aslinya yang mencapai 16 ton, tetapi karena ada masalah keretakan padanya, maka harus dibuat ulang di tahun 1858.

(Bisa bayangkan kemudian mengangkatnya setinggilebih dari 50 meter dari permukaan tanah pada masa itu?)

Foto : Wikimedia Commons
Nah, itulah Big Ben yang sebenarnya. Bukan menaranya sendiri.

Meskiun demikian, sebenarnya tidak pernah menjadi masalah juga kalau yang terbayang di kepala Anda adalah menara jam ini. Toh Big Bennya sendiri memang berada di dalamnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel