Cara Menuju Cibinong Dari Tangerang Dengan Commuter Line

Cara Menuju Cibinong Dari Tangerang Dengan Commuter Line

Percayalah, untuk menuju Cibinong dari Tangerang, tidak ada transportasi yang lebih baik daripada Commuter Line atau yang dulu dikenal dengan KRL Jabodetabek. Bukan hanya karena pasti lebih murah dan mudah, tetapi juga karena dengan begitu bisa menghindari kemacetan yang biasa terjadi antara Tangerang-Jakarta-Bogor.

Belum lagi kalau disebutkan bahwa dengan begitu Anda akan menjadi lebih ramah lingkungan. Menggunakan transportasi umum merupakan satu langkah baik untuk mengurangi polusi udara yang semakin memburuk di beberapa kota Indonesia.

Yang diperlukan hanyalah sedikit kejelian karena perjalanan dari Tangerang ke Cibinong dengan Commuter Line harus dilakukan dengan satu atau dua kali transit atau berganti kereta. Kalau jadwalnya bisa pas, maka hanya perlu keluar uang Rp 10.000-11.000 saja untuk ongkosnya. Murah kan?

Jadwal Keberangkatan Commuter Line Tujuan Cibinong/Nambo


Nah, yang perlu diperhatikan paling pertama adalah mengetahui jadwal perjalanan kereta dengan trayek ke Nambo. Ada dua opsi, yaitu trayek Duri-Nambo dan Depok Nambo. CL dengan trayek ini akan melalui stasiun Cibinong.

Sayangnya tidak setiap jam ada dan hanya ada sekitar 5 kali perjalanan ke arah stasiun itu.  Jadi, Anda harus pandai-pandai mengatur dan memprediksi waku keberangkatan dari Tangerang supaya bisa tiba tepat dengan jadwal keberangkatan CL ke Nambo di stasiun transit.

Ini jadwalnya.



Stasiun 1012 1808 1820 1838 1856
Duri-7.0710.34--
Tanah Abang-7.1410.41--
Manggarai-7.2710.54--
Pasar Minggu-7.4111.07--
UI-7.5411.20--
Depok Baru-8.0111.28--
Depok4.258.0511.3215.0718.40
Citayam4.318.1211.3915.1418.47
Cibinong4.4218.2411.5015.2818.58
Nambo4.538.3512.0115.3919.09

Lihat stasiun keberangakatannya. Ada tiga, Duri, Depok,Citayam. Berarti ketiga stasiun ini bisa dijadikan tempat transit. Jadi, hapalkan jam berangkat CL yang ke Cibinong/Nambo yah!

Rute Menuju Cibinong Dari Tangerang Dengan Commuter LIne

Ada dua opsi tergantung dimana stasiun transit yang dikehendaki.

Opsi 1 : Tangerang - Stasiun Duri (Transit) - Cibinong/Nambo


Rutenya

  • Naik CL dari Tangerang ke arah stasiun Duri
  • Turun di stasiun Duri
  • Berganti dengan Commuter Line ke Nambo
  • Turun di Cibinong

 

Opsi 2 : Tangerang - Stasiun Duri (Transit) - Stasiun Depok/Citayam (transit) - Cibinong/Nambo


Rutenya

  • Naik CL dari Tangerang ke arah stasiun Duri
  • Turun di stasiun Duri
  • Pindah peron dan berganti kereta dan naik yang ke arah Bogor (datang dari arah Jatinegara/Angke)
  • Turun di Depok/Citayam
  • Transit dan berganti kereta dengan yang ke arah Cibinong dan Nambo
Silakan pergunakan rute yang manapun menyesuaikan dengan jadwal kereta Nambo. Jangan sampai luput karena hanya ada sedikit keberangkatan, kalau terlambat berarti harus menunggu lama.

Jika baru pertama kali naik Commuter Line dan belum terbiasa, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah untuk naik Commuter Line menuju Cibinong dari Tangerang

 

 1. Di Stasiun Keberangkatan (Tangerang)

  • Beli Tiket : tiket yang harus dibeli adalah THB (Tiket Harian Berjaminan). Dalam harganya akan termasuk uang jaminan sebesar Rp 10 ribu yang bisa diminta ulang di stasiun akhir. Bisa juga menggunakan kartu e-money yang sudah diaktifkan. Untuk mengaktifkan kartu Brizzi, Flazz, atau e-money, bisa lihat di SINI . Tiket juga bisa dibeli dengan menggunakan mesin tiket otomatis (kalau tersedia)
  • Catatan Untuk Tiket : Untuk tiket pastikan menyebutkan tujuan akhir, yaitu Cibinong. Jangan menyebutkan stasiun transit sebagai tujuan karena berarti saldonya tidak cukup. Hal ini akan merepotkan karena berarti di stasiun akhir harus ke loket / mesin Fare Adjustment (penyelaras tarif) untuk menambah saldo dulu sebelum keluar
  • Masuk ke peron : Setelah tiket ada di tangan, langsung saja menuju ke peron. Untuk itu harus masuk melalui gerbang elektronik. Cara masuknya tempelkan tiket tadi ke bagian gerbang yang bertanda "TEMPEL DISINI", kemudian dorong batang besi penghalang ke depan untuk masuk
  • Di Peron : Silakan dengar pengumuman dari pengeras suara untuk CL menuju ke Stasiun Duri untuk mengetahui di peron mana harus menunggu. Kalau ragu tanyakan pada petugas terdekat
  • Naik ke kereta begitu kereta tersedia dan duduk manis. Perjalanan tidak akan makan waktu lama, hanya 6 stasiun saja. Jadi jangan sampai tertidur
  • Bila Anda termasuk kategori, lansia, ibu hamil, ibu membawa balita, dan cacat, silakan menuju kursi prioritas karena memang disediakan untuk kategori ini. Kalau ternyata sudah penuh, bisa minta kursi yang manapun karena semua kursi di Commuter Line akan memprioritaskan unuk empat kategori tersebut. Kalau tidak termasuk golongan ini, biarkan saja kosong karena di perjalanan pasti ada yang memerlukan
  • Ingat juga jangan makan dan minum selama perjalanan karena aturan melarang hal itu.

2. Di Stasiun Transit (Stasiun Duri Dan/Atau Depok/Citayam)


Ingat Anda mungkin harus dua kali berpindah kereta. Jadi hapalkan stasiun mana saja seperti yang sudah disebutkan di atas.

Yang harus dilakukan di stasiun transit, hanya ada dua saja. Tidak perlu keluar stasiun dulu, cukup
  • Pindah Peron : Anda harus segera menuju peron untuk kereta lanjutan seperti sudah disebutkan di atas. Kalau tidak tahu harus menunggu dimana,cara tercepat adalah dengan bertanya pada petugas terdekat. Sekarang banyak petugas yang siap sedia membantu
  • Naik Kereta : Kalau sudah tahu dimana harus menunggu, selebihnya hanya naik saja. Perjalanan juga akan makan waktu sekitar 50 menit dari Duri ke Depok/Citayam atau sekitar satu jam ke arah Cibinong.. 
  • Dari Depok/Citayam ke Cibinong memerlukan waktu 10-15 menit saja

 

 3. Di Stasiun Akhir (Stasiun Cibinong)

 

Kalau semua berjalan lancar, Anda akan tiba di Cibinong dalam waktu kurang lebih 1 - 1 1/2 jam tergantung pada cepat tidaknya kereta sambungan tersedia.. Oleh karena itu memperhitungkan rute dan kereta yang dipergunakan sangat dipelrukan supaya tidak menunggu lama di stasiun transit.


Begitu tiba di stasiun Cibinong, yang pasti Anda harus turun kalau tidak mau terbawa balik. Jangan lupa barang bawaan dan tiket Anda sebelum turun. Pastikan semua sudah lengkap dan tidak perlu terburu-buru karena biasanya di stasiun akhir, kereta akan istirahat lebih lama.

Untuk meninggalkan stasiun, langkahnya mirip dengan saat masuknya, yaitu

  • Tap Out : Istilahnya keren, tetapi sebenarnya yang harus dilakukan adalah pergi ke gerbang keluar dan kemudian menempelkan tiket ke bagian pintu elektronik yang bertuliskan "TEMPEL DISINI". Dorong batang besi penghalang ke depan untuk keluar
  • Refund : Istilahnya bahasa Inggris, tetapi sebenarnya adalah meminta uang jaminan kembali. Ingat harga tiket termasuk uang jaminan 10.000 rupiah. Pergi ke salah satu loket (biasanya diberi tanda "refund" dan kemudian serahkan THB ke petugas. Ia akan menyerahkan uang kepada Anda
SELESAI !

Nah, itu saja penjelasan cara menuju Cibinong dari Tangerang menggunakan Commuter Line. Tidak sulit kan?

Have a safe trip!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel