Cara Menuju Ancol - Tanjung Priuk Dari Depok Menggunakan Commuter Line

Cara Menuju Ancol - Tanjung Priuk Dari Depon Menggunakan Commuter Line

Ingin menghabiskan libur di pantai Ancol atau bermain di Dunia Fantasi tapi malas membawa kendaraan sendiri? Jangan khawatir. Pergunakan saja Commuter Line alias KRL Jabodetabek karena sekarang untuk menuju Ancol atau Tanjung Priuk dari Depok sudah bisa menggunakan transportasi massal yang satu ini.

Secara waktu jelas lebih efisien mengingat banyak lokasi kemacetan yang bisa dihindari dan juga secara biaya, ongkosnya lebih murah kalau dibandingkan dengan bus, taxi, atau bahkan mobil pribadi.

Caranya sendiri tidaklah sulit. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa menggunakan si ulat besi ini tidaklah sesulit yang sudah dibayangkan. Jika sudah tahu caranya, sangat praktis dan mirip dengan berkereta di luar negeri.

Nah, kalau Anda belum pernah, atau ragu tentang rutenya, silakan ikuti penjelasan di bawah ini.

Cara Menuju Ancol-Tanjung Priok dari Depok Dengan Commuter Line


1) Perhatikan Jadwal Commuter Line (CL) ke Ancol/Tanjung Priok


Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah mengetahui jadwal keberangkatan CL yang mengarah ke Tanjung Priok. Masalahnya adalah hanya ada beberapa keberangkatan kereta dari stasiun Jakarta Kota ke sana dalam sehari.

Jadi, Anda harus mengusahakan agar bisa tiba di stasiun transit sebelum CL ke Ancol-Tanjung Priok berangkat. Kalau tidak, Anda bisa harus menunggu lama atau harus memakai angkutan lainnya.

Silakan lihat jadwalnya di bawah ini.

    No KA Jakarta Kota   Kampung Bandan      Ancol    Tanjung Priok
2302 06.35 06.42 06.50 06.55
2306 07.43 07.50 07.58 08.03
2310 09.05 09.12 09.20 09.25
2318 11.40 11.47 11.55 12.00
2322 13.05 13.12 13.20 13.25
2326 14.25 14.32 14.40 14.45
2334 17.00 17.07 17.15 17.20

   

2) Stasiun Transit


Untuk menuju Ancol-Tanjung Priok dari Depok, Anda harus melakukan satu kali transit di salah satu stasiun di bawah ini, yaitu

  • Stasiun Jakarta Kota
  • Stasiun Kampung Bandan
Keduanya akan menggunakan rute yang berbeda. Jadi, pilih salah satunya. Saya sarankan, transit di Jakarta Kota saja, lebih enak.


3. Beli Tiket


Perhatikan!

Meskipun harus melakukan satu kali transit di stasiun tersebut di atas, Anda harus membeli tiket jenis THB (Tiket Harian Berjaminan) dengan tujuan Ancol-Tanjung Priok, atau stasiun akhir.

Jangan beli tiket ke stasiun transit karena berarti Anda harus keluar di stasiun transit dan harus mengisi ulang tiketnya dengan jurusan Ancol. Terlalu membuang waktu.

Jadi, pastikan sebutkan Ancol atau Tanjung Priok pada petugas loket atau pilih stasiun ini kalau membeli di Automatic Ticket Vending Machine atau Mesin Penjual Tiket Otomatis.

Tiket yang Anda beli adalah THB atau Tiket Harian Berjaminan, dimana dalam harga tiket ada uang jaminan sebesar Rp. 10 ribu per orang yang bisa diminta kembali di stasiun akhir. Kalau tiket tidak dikembalikan, maka uang jaminan akan hangus. Masa berlaku THB adalah 7 hari.

Tetapi, kalau Anda punya e-money, seperti Flazz, Brizzi, atau Indomaret Card, Anda bisa juga menggunakannya dengan syarat sudah diaktivasi terlebih dahulu.

Untuk melakukan aktivasi, silakan lihat di SINI .


4. Pilih Relasi Yang Tepat


Ada dua relasi yang berangkat dari Depok, yaitu relasi Depok - Jakarta Kota dan Depok - Jatinegara.
Silakan pilih mau yang mana Anda suka. Hanya, perhatikan bahwa stasiun transit keduanya berbeda kalau mau pergi ke Ancol-Tanjung Priok.

Tentu saja Anda juga bisa memakai KRL yang datang dari arah Bogor dengan trayek yang sama.

Kalau Anda memilih :

  • Relasi Bogor/Depok - Jakarta Kota : Stasiun Transit Jakarta Kota
  • Relasi Bogor/Depok - Jatinegara : Stasiun Transit Kampung Bandan


5. Masuk stasiun dan menunggu di peron


Setelah membeli tiket Anda harus masuk ke stasiun dan menunggu di peron.

Caranya dengan menempelkan tiket di gerbang elektronik di bagian yang bertuliskan "TAP DISINI". Kemudian, tunggu sampai lampu berubah menjadi HIJAU dan dorong bilah besi ke depan untuk masuk.

Kalau belum jelas caranya, silakan baca "Naik Commuter Line - Penjelasan Cara"

Untuk mengetahui di peron mana Anda harus menunggu, sebenarnya cukup dengan mendengarkan pengumuman yang rutin dikumandangkan oleh announcer di stasiun. Tetapi, jika masih tidak jelas juga atau ragu di peron mana CL yang diperlukan akan datang? Minta bantuan petugas terdekat, mereka akan memberikan panduan . Sejak beberapa tahun terakhir, kesigapan para PKD stasiun perlu diacungi jempol.


6) Naik Kereta


Nah, setelah itu silakan nikmati perjalanan saja. Lumayan lama.

Jika Anda memilih stasiun Jakarta Kota sebagai stasiun transit, tenang saja. Stasiun ini adalah stasiun akhir dari relasi Bogor/Depok - Jakarta Kota, jadi tidak mungkin terlewat.

Kalau memilih stasiun Kampung Bandan untuk transit, harap berwaspada sedikit. Kalau kereta sudah masuk stasiun Bukit Duri atau Duri, sebaiknya bersiap.

Stasiun Kampung Bandan adalah stasiun ke 2 dari Bukit Duri. Jadi, kalau Anda sudah mendengar pemberitahuan ini, sebaiknya bersiap, apalagi kalau membawa banyak barang atau anak kecil.


7. Di stasiun transit


Setiba di stasiun transit, segeralah berpindah ke CL/Kereta yang menuju ke arah Tanjung Priok.
Kalau tidak tahu dimana tempatnya, jangan ragu untuk tanya petugas yang banyak berada disana dan siap sedia membantu Anda.

Setelah tahu dimana peronnya dan kereta datang, langsung naik saja. Tetapi, jangan sampai ketiduran karena perjalanan tidak akan memakan waktu yang lama.


8. Di Ancol-Tanjung Priok


Perjalanan ke arah Ancol-Tanjung Priok tidak akan lama. Total lama perjalanan hanya 20 menit saja. Apalagi kalau transit di Kampung Bandan, perjalanan ke Ancol hanya 8 menit saja.

Setibanya di stasiun tujuan, Ancol-Tanjung Priok, Anda hanya perlu keluar stasiun saja. Caranya sama dengan cara masuk, yaitu dengan menempelkan tiket ke gerbang elektonik di bagian bertanda "TAP DISINI". Setelah lampu menyala hijau, dorong bilah besi ke depan dan keluar.

Jangan lupa untuk menukarkan kembali THB ke lokat untuk mendapatkan kembali uang jaminan. Tetapi, kalau Anda akan pulang menggunakan Commuter Line lagi, lebih baik disimpan saja dulu. Jadi, ketika pulang, Anda hanya perlu mengisi ulang tiketnya.

Uang jaminan bisa diminta kembali di stasiun Depok kok. Jadi,tidak masalah kan?

Selesai.

Prosesnya sederhana kan?


Catatan tambahan  : bagi Anda yang hendak pergi ke Taman Impian Jaya Ancol atau Dufan, biasanya ada bus shuttle gratis antara stasiun Ancol dan Taman Impian Jaya Ancol. Anda bisa pergunakan bis ini kalau mau dan masih ada space tersedia.

Kalau tidak, bisa berjalan kaki sekitar 800 meter kesana atau menggunakan angkutan lain, seperti bajaj atau ojeg.

Itulah penjelasan cara menuju Ancol-Tanjung Priok dari Depok dengan Commuter Line.

Semoga membantu dan selamat berwisata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel