Etika Berpakaian Saat Berkunjung Ke Angkor Wat, Kamboja

Etika Berpakaian Saat Berkunjung Ke Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat, atau si Kota Candi adalah salah satu tempat wisata populer di Kamboja. Sebagai salah satu Warisan Budaya UNESCO, setiap tahunnya ratusan ribu bahkan jutaan orang mendatangi untuk melihat seperti apa sih salah satu Keajaiban Dunia Baru ini.

Tetapi, cukup banyak orang juga yang setelah datang jauh-jauh dan menempuh ribuan kilometer dengan susah payah, mereka ditolak untuk memasuki area Angkor Wat. Alasannya kebanyakan karena satu hal saja, yaitu cara berpakaian.

Memang, Angkor Wat adalah tempat wisata, tetapi pada saat bersamaan, candi-candi di dalamnya masih sering dipergunakan untuk ritual ibadah agama Budha. Jadi, pemerintah Kambpoja masih terus berusaha menjaga kesakralan tempat itu dengan menerapkan etika berpakaian bagi siapapun yang berkunjung ke sana.

Peraturan ini diterapkan setelah adanya kejadian dimana beberapa wisatawan asing yang datang berperilaku dan berpakaian tidak pantas.

Adapun aturan berpakaian yang harus dipatuhi wisatawan disana sebenarnya tidak banyak, tetapi memang sedikit bertentangan dengan prinsip berpakaian bebas di dunia Barat.

Batasan yang ditetapkan adalah :

1. Celana harus menutupi lutut

Anda boleh memakai celana pendek, tetapi panjang dari celana itu harus berada di bawah lutut dan tidak boleh di atasnya

2. Baju harus menutupi pundak

Memang suasana disana di saat musim kemarau sangat panas dan mendorong orang memakai baju sependek mungkin. Baju tanpa lengan akan menjadi pakaian yang sangat nyaman.

Sayangnya, hal itu bisa berarti Anda akan ditolak masuk ke area Angkor Wat.

Patokan baju yang boleh dikenakan adalah harus menutupi bahu dan ketiak. Tanpa itu, meski ada tiket di tangan, hasilnya sama saja, penjaga akan menolak Anda masuk

3. Bagian belakang tidak boleh terbuka

Banyak turis dari negara Barat yang gemar memakai baju dengan bagian punggung yang terbuka saat berada di negara tropis. Tetapi, sebaiknya hal itu tidak dipakai saat berkunjung ke Kota Candi di Kamboja ini.

Penjaga pintu akan meminta Anda untuk tidak masuk sampai berpakaian pantas.

Sebagai catatan, setiap kali Anda hendak memasuki salah satu candi yang ada di dalam kompleks Angkor Wat akan ada penjaga yang memeriksa tiket dan cara berpakaian untuk memastikan etika berpakaian diterapkan.

(Dan, saya melihat dua wisatawan asing yang ditolak penjaga untuk masuk karena memakai kaus tanpa lengan)

Tambahan informasi lain dalam hal berpakaian :

a) Pakai sepatu berhak tinggi akan menyusahkan Anda karena area Angkor Wat sangat luas dan tentu akan sangat melelahkan berjalan kaki dengan sepatu high heels
b) Sepatu high heels atau berhak tinggi juga bisa membuat Anda celaka karena candi-candi memiliki tangga atau undakan yang terkadang licin dan bisa menyebabkan terjatuh
c) Sepatu kets atau sepatu sandal merupakan yang terbaik digunakan karena cukup nyaman dan tidak membahayakan diri
d) T-shirt atau kaus bisa dipergunakan selama ada bagian tangan yang menutupi pundak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel