[MENCENGANGKAN] Melihat Pohon Raksasa Tumbuh Di Atas Candi

Mungkin Anda akan menertawakan sambil tidak percaya bahwa ada pohon raksasa tumbuh di atas candi. Sulit membayangkan hal itu bisa terjadi mengingat akar-akar pohon besar biasanya juga tidak kalah besarnya merambah kemana-mana. Jadi, hampir pasti judul di atas dianggap sebagai sebuah lelucon.

Apalagi, di Indonesia, biasanya area candi bersih dari pepohonan. Kalaupun ada, jaraknya cukup jauh dari bangunan peninggalan masa lalu ini.

Tetapi, kalau Anda berkunjung ke Ta Prohm, salah satu candi yang terdapat dalam kompleks Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja , maka hampir pasti Anda akan terheran-heran.

Di candi yang merupakan tempat film Tom Raider, versi pertama yang dibintangi Angelina Jolie dibuat ini, ada banyak pemandangan bahwa sesuatu yang sepertinya sulit terjadi, benar-benar terjadi.

Disana bisa ditemukan pohon raksasa tumbuh di atas bangunan candi.

Bukan sekedar pohon, tetapi pohon raksasa yang sudah berusia puluhan atau ratusan tahun, tumbuh dengan subur di atas bebatuan pembentuk candi disana.

Penampakannya seperti di bawah ini.

Melihat Pohon Raksasa Tumbuh Di Atas Candi

Melihat Pohon Raksasa Tumbuh Di Atas Candi

Melihat Pohon Raksasa Tumbuh Di Atas Candi



Apakah candinya menjadi tidak rusak ? Ya pasti rusak. Beban puluhan ton dari pohon raksasa pada akhirnya pasti akan merubuhkan bangunan tua. Itulah mengapa di banyak candi dalam lingkungan si Kota Candi ini banyak bagian yang disangga dengan penopang besi atau kayu.

Tujuannya pasti agar memberikan tumpuan tambahan agar candi bisa bertahan dan pada saat bersamaan pohon bisa tetap tumbuh.

Kenapa tidak ditebang ? Pasti banyak alasannya. Salah satunya kalau ditebang, pasti akan merusak candinya sendiri akibat tertimpa. Padahal, bangunan itu sangat bernilai dan tidak tergantikan mengingat umur dan nilai historisnya.

Lagipula, kehadiran pohon raksasa yang menjulang tinggi di atas candi memberikan daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

Oleh karena itu, banyak dari turis yang berpose di bawahnya atau di bagian akar raksasa pohon untuk dijadikan kenang-kenangan, seperti yang kami bawa pulang juga.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel