Pedagang Di Siem Reap, Kamboja Menerima Uang Dollar

Pedagang Di Siem Reap, Kamboja Menerima Uang Dollar
Jejeran Toko Souvenir di Siem Reap, Kamboja
Salah satu masalah yang cukup memusingkan saat hendak pergi berwisata ke luar negeri adalah soal mata uang. Bagaimanapun, pasti kita akan butuh makan, minum, transportasi, atau beli oleh-oleh selama di negara tersebut yang harus dibayar dengan uang. Dan, tentunya, mata uang yang berlaku berbeda.

Sayangnya, biasanya para pedagang valuta asing akan menjual hanya mata uang - mata uang yang umum saja, seperti dollar Amerika, franc Perancis, poundsterling Inggris. Mereka tidak menjual mata uang yang kurang peminatnya.

Begitulah yang terjadi saat hendak pergi ke Siem Reap, Kamboja untuk melihat Angkor Wat, si Kota Candi yang terkenal, minggu yang lalu. Tidak ada money changer yang menjual Riel, mata uang Kamboja.

Sampai akhirnya, diputuskan untuk membawa dollar saja yang nantinya akan ditukarkan di money changer di bandara Siem Reap.

Ternyata situasi lebih baik sesampainya disana karena ternyata, tidak perlu repot-repot melakukan penukaran dollar ke Riel.

Rupanya, sebagai kawasan wisata terkenal dan dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahunnya, masyarakat Siem Reap menjadi terbiasa menggunakan US Dollar saat bertransaksi. Jadi, mereka tidak bermasalah menerima pembayaran dalam bentuk mata uang dollar.

Tawar menawar pun sering dilakukan dengan ukuran dollar dan bukan Riel. Bahkan, tidak sedikit toko atau restoran yang menyebutkan harga dagangan dalam mata uang Amerika Serikat tersebut.

Bukan hanya itu saja, bahkan pedagang asongan pun menerima uang dollar selain mata uang Kamboja sendiri. Mereka bahkan lebih sering menyebutkan harga dalam dollar dibandingkan dalam mata uang mereka sendiri.

Hal yang sangat menyenangkan karena tidak perlu repot dua kali untuk menukarkan mata uang.

Yang harus diperhatikan hanyalah besaran uang dollar yang dibawa. Terkadang pedagang kecil, terutama pedagang kaki lima dan asongan tidak memiliki uang kembalian untuk uang 100 dan 50 dollar. Jadi, kita harus mempersiapkan diri dengan membawa uang pecahan kecil, seperti US$ 1, US$ 5, atau US$ 10 agar tidak repot saat berbelanja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel