Pintu Gerbang Angkor Wat Tidak Kalah Keren Dari Isinya

Pintu Gerbang Angkor Wat Tidak Kalah Keren Dari Isinya

Terus terang saat mengunjungi Angkor Wat, atau si Kota Candi di Siem Reap, Kamboja, banyak sekali hal mengagumkan yang bisa dilihat. Sulit membayangkan bahwa 10 abad yang lalu, manusia sudah bisa menghasilkan bangunan-bangunan yang sebegitu megah dan banyaknya.

Entah bagaimana cara mereka menyusun batu-batu besar itu dan membentuk istana atau candi megah yang sampai sekarang masih bisa dinikmati oleh jutaan orang.

Dan, sebenarnya dalam kompleks Angkor Wat, yang patut diperhatikan bukanlah hanya bangunan-bangunan utama yang ada di balik pintu gerbang saja. Pintu gerbangnya sendiri tidak kalah unik dan mengesankan.

Bentuknya tidak berbeda dari bangunan utamanya dan dipenuhi ukiran yang sama. Paling tidak ada 4 gerbang masuk ke area Angkor Wat yang disambung dengan tembok sepanjang puluhan kilometer dan mengelilingi lebih dari 1000 candi yang berada di kompleks warisan budaya dunia itu.

Beberapa foto dari gerbang Angkor Wat di bawah ini rasanya bisa menggantikan kata-kata tentang betapa luhur dan tinggi kebudayaan manusia di masa lalu.

Salah satu yang mengesankan adalah Gerbang Masuk Barat Angkor Wat yang harus melintasi jembatan dan di kedua sisi jembatan dijaga oleh deretan arca seram. Sayang banyak yang kepalanya sudah hilang atau rusak karena dicuri.

Gerbang Masuk Utama Angkor Wat Dilihat Dari Bagian Dalam
Gerbang Masuk Utama Angkor Wat Dilihat Dari Bagian Dalam

Gerbang Masuk Barat Angkor Wat Yang Mengarah Ke Ta Prohm - Candi Tomb Raider
Gerbang Masuk Barat Angkor Wat Yang Mengarah Ke Ta Prohm - Candi Tomb Raider

Pintu Masuk Barat Angkor Wat Dari Sisi Danau

Gerbang Utama Angkor Wat Dari Kejauhan

Gerbang Utama Angkor Wat Dari Kejauhan

Deretan Arca Penjaga di Jembatan Menuju Gerbang Masuk Angkor Wat
Arca penjaga di jembatan menuju gerbang barat
Keren kan.

Jadi, kalau kebetulan sedang berkunjung ke Siem Reap dan Angkor Wat, jangan hanya terfokus menuju ke candi utama saja. Perhatikan juga gerbangnya karena tidak kalah mengesankan.

Lagipula, gerbang dan pintu masuknya juga sangat instagrammable dan fotogenik untuk dijadikan latar belakang foto.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel