Remork, Tuk Tuk Kamboja : Delman Bermotor Favorit Wisatawan Di Siem Reap

Remork, Tuk Tuk Kamboja : Delman Bermotor Favorit Wisatawan Di Siem Reap

Ada satu hal menarik saat Anda berkunjung ke Siem Reap, sebuah kota di Kamboja yang terkenal karena keberadaan salah satu Warisan Budaya dunia, Angkor Wat si Kota Candi. Bukan peninggalan bersejarahnya saja, tetapi sebuah jenis kendaraan yang banyak ditemukan disana, dan mungkin juga di berbagai kota lainnya di Kamboja, namanya Remork.

Kendaraan ini bisa disebut unik karena bisa dikata merupakan gabungan dari dua jenis kendaran yang berbeda zaman. Bagian mukanya berasal dari dunia modern, yaitu sepeda motor, sedangkan bagian belakangnya, kabin penumpang mirip dengan kabin delman, sebuah kendaraan tradisional.

Keduanya digabungkan menjadi satu menjadi sebuah kendaraan yang bernama Remork. Jadi, bisa dikata Remork adalah delman bermotor.

Sepeda motor yang dipergunakan mayoritas adalah sepeda motor bebek, sama persis seperti "bebek" yang dijual di Indonesia. Merknya didominasi dengan Honda meski terkadang ada juga yang memakai Bajaj.

Kabin penumpang dihubungkan dengan sepeda motor dengan cara membuang dudukan penumpang di sepeda motor dan kemudian engsel penyambung ditempatkan disana. Kemudian, batang kabin disambungkan ke engsel.

Kabinnya sendiri mampu menampung 4 orang penumpang, meski terkadang bisa dipaksakan sampai 5 (seperti yang saya alami sendiri beberapa waktu lalu). Penumpangnya akan duduk berhadapan dan lutut bertemu lutut.

Remork, Tuk Tuk Kamboja : Delman Bermotor Favorit Wisatawan Di Siem Reap

Kendaraan ini merupakan favorit para wisatawan yang hendak berkunjung ke Angkor Wat. Bukan hanya karena ongkosnya yang termasuk murah, tetapi juga karena kabinnya terbuka yang membuat mereka bisa menikmati pemandangan selama di perjalanan.

Dan, pemandangan di Siem Reap termasuk lumayan enak karena masih banyak area yang diselimuti hutan lebat dan danau yang lumayan indah.

Untuk naik remork atau Tuk Tuk ini, ongkosnya hanya satu dollar saja (dollar Amerika) untuk setiap penumpang, atau 4 dollar saja jauh dekat. Bahkan, kalau diperlukan mereka bersedia menunggu sampai dua jam untuk kembali pulang dengan tarif yang sama.

Ongkos yang termasuk sangat murah di kawasan wisata yang lumayan terkenal disana.

Oleh karena itu tidak heran kalau banyak sekali wisatawan asing yang mempergunakan jasanya.

Jumlah Tuk Tuk juga banyak sekali sehingga tidak sulit menemukannya di berbagai hotel atau pangkalan.

Remork, Tuk Tuk Kamboja : Delman Bermotor Favorit Wisatawan Di Siem Reap

Remork sendiri sebenarnya bisa berubah fungsi. Dari pengangkut penumpang, sampai menjadi sebuah warung berjalan.

Banyak Remork yang bukan menarik kabin penumpang tetapi gerobak untuk mengangkut barang sampai dengan sebuah warung lengkap dengan kompor dan peralatan memasak lainnya.

Amankah naik Tuk Tuk ?

Aman.

Bukan hanya karena pengendaranya memang biasanya sudah berpengalaman, lalu lintas di Siem Reap sendiri memang tidak sepadat di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi. Jalan yang lumayan luas juga membuatnya sangat mudah bermanuver.

Jadi, bisa dikata cukup aman saat menjadi penumpangnya.

Rasanya juga cukup ok kok karena ruang yang memang pas untuk 4 penumpang, meski kalau dipaksa menjadi 5 penumpang agak sempit, tetapi kalau memang terpaksa bisa dipaksakan. Tapi, ongkosnya juga menjadi 5 dollar.

Nah, itulah Remork atau Tuk Tuk Kamboja yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Siem Reap, Kamboja. Lagipula, belum ada transportasi umum seperti bus umum atau angkot disana, jadi kalau mau bermain ke Angkor Wat, hanya ada sedikit pilihan, selain bus turis yang disewa hotel.

Cuma, kebanyakan wisatawan lebih gemar berkelana dengan tuk tuk karena membuat mereka bisa merasakan nuansa kehidupan di negeri itu.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba kendaran unik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel