3 Alasan Usaha Dan Bisnis Kecil Perlu Menggunakan Media Sosial Untuk Promosi - Umum Sekali

Kamis, 13 Februari 2020

3 Alasan Usaha Dan Bisnis Kecil Perlu Menggunakan Media Sosial Untuk Promosi

3 Alasan Usaha Dan Bisnis Kecil Perlu Menggunakan Media Sosial Untuk Promosi

Sebuah usaha, baik kecil atau besar, pasti memerlukan promosi. Tujuannya, tentu, agar produk mereka bisa dikenal oleh banyak orang yang pada akhirnya mau membeli produk tersebut.

Pada era digital seperti sekarang, banyak sekali cara untuk melakukan promosi seperti itu, tetapi ada satu saluran pemasaran yang sebaiknya tidak dilewatkan, yaitu menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau aplikasi medsos lainnya.

Terutama untuk usaha dan bisnis kecil, atau startup, promosi melalui media sosial sangat perlu dilakukan. Ada paling tidak 3 alasan yang cukup masuk akal untuk itu, yaitu :

1. MURAH

Dibandingkan dengan melakukan promosi lewat agen iklan, media cetak, radio, atau televisi, biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran melalui media sosial sangatlah murah.

Bahkan, jika rajin, ongkosnya adalah hanya biaya internet saja. Selebihnya bergantung pada kekuatan diri sendiri saja.

Hal ini akan membantu usaha kecil untuk bisa menghemat dana dan biaya yang biasanya terbatas. Dana yang ada bisa dialokasikan ke bidang yang lain dengan tetap bisa melakukan promosi produk atau branding

2. CALON PEMBELI BANYAK DI DUNIA MAYA

Setiap manusia di era digital, mayoritas bukan hanya ada di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya (internet). Perwakilan mereka di internet berbentuk akun-akun di FB, Twitter, dan medsos lainnya.

Apalagi, kebiasaan berbelanja di dunia sudah berubah. Semakin hari semakin bertambah orang yang lebih merasa nyaman membeli sesuatu melalui internet.

Media sosial penuh dengan calon pembeli potensial, dan dengan aktif menggunakan medsos untuk promosi, hal itu berarti sama dengan menjangkau calon pembeli

3. MEMPERLUAS PASAR

Sebuah toko di Pasar Baru, Jakarta, memiliki pangsa pasar terbatas, yaitu di sekitar wilayah dimana toko itu berada. Kalaupun ada tambahan orang dari luar Jakarta, bisa jadi karena mereka kebetulan lewat disana.

Berbeda ketika Anda memiliki sebuah laman bisnis di Facebook, pembelinya bisa sangat tak terbatas. Bisa datang dari Papua, Aceh, atau Kalimantan, bahkan bukan tidak mungkin dari luar negeri.

Tidak lagi dibatasi oleh daerah atau batas wilayah.

Memang, banyak yang merasa tidak nyaman "bermain" di media sosial. Banyak juga hal negatif yang terjadi di dalamnya. Tetapi, bagaimanapun, keuntungan yang disediakan media sosial untuk sebuah usaha atau bisnis, terlalu besar untuk diacuhkan.

Facebook saja memiliki lebih dari 75 juta pengguna di Indonesia. Belum lagi Twitter dan Instagram. Besar sekali pasar calon pembeli yang ada disana dan bisa digapai dengan biaya yang tidak terlalu mahal, selama mau kerja keras.

Itulah 3 alasan mengapa usaha dan bisnis kecil perlu menggunakan media sosial untuk promosi. Karena, akan membantu perkembangan usaha dari sisi promosi dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam. Karena keterbatasan waktu, kami tidak selalu bisa membalas komentar. Mohon maklum

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak memberi balasan karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon