Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aglaonema Lipstik Tidak Akan Ditemukan Di Hutan Manapun

Aglaonema Lipstik Tidak Akan Ditemukan Di Hutan Manapun

Di dunia tanaman hias, nama aglaonema merupakan satu nama yang populer dan sudah sangat dikenal. Bahkan, sejak masa dahulu kala karena aglaonema sebenarnya sama dengan "sri rejeki".

Sejak dulu, tanaman yang satu ini memang populer digunakan sebagai penghias rumah, baik di tanam langsung di taman atau dalam pot.

Dan, banyak hutan Indonesia merupakan lahan yang subur untuk tanaman sejenis aglaonema. Itulah mengapa si ratu daun ini merupakan salah satu tanaman hias paling populer di negara ini.

Salah satu jenis aglaonema yang terkenal adalah aglaonema lipstik. Namanya diberikan karena jenis yang satu ini memiliki keunikan berupa warna merah di pinggir daunnya. Mirip dengan gincu (lipstik) pada bibir wanita.

Di antara jenis yang satu ini, nama Siam Aurora pernah sangat berkibar dan diburu. Bukan hanya oleh ibu-ibu saja, tetapi juga oleh kaum adam penggemar tanaman hias.

Harganya pernah menjadi sangat mahal, ratusan ribu rupiah hanya untuk satu pot tanaman kecil dengan beberapa lembar daun saja.

Tapi, tahukah Anda bahwa aglaonema lipstik tidak akan ditemukan di hutan manapun? Bukan hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia.

Ada satu alasannya, yaitu bahwa aglaonema lipstik merupakan hasil persilangan yang dilakukan tangan trampil dan ahli di kebun.

Varian aglaonema lipstik dan banyak lainnya, dihasilkan dengan melakukan penyerbukan buatan antara aglaonema spesies (alami) dengan yang lainnya. Warna merah biasanya dihasilkan dari aglaonema rotundum yang banyak ditemukan di Aceh.

Salah satu penyilang aglaonema terkenal berasal dari Indonesia. Namanya Greg Hambali yang tinggal di Bogor. Salah satu hasil silangannya yang terkenal adalah Donna Carmen, Tiara, Pride of Sumatera, dan banyak lagi lainnya.

Jadi, keluar masuk hutan manapun, Anda tidak akan pernah menemukan aglaonema lipstik seperti foto di atas karena pada dasarnya mereka bukan ditanam alami tetapi melalui rekayasa.

Lagipula, untuk apa keluar masuk hutan karena aglaonema lipstik mudah ditemukan di pedagang tanaman hias Indonesia. Bahkan, juga diperdagangkan via online.

Varian lipstik, meski harganya sudah tidak semahal dulu, masih menjadi varian yang sangat disukai dan dicari untuk menghias taman atau rumah.
Anton Ardyanto
Anton Ardyanto Seorang blogger, bukan yang profesional, yang sangat suka menulis

Posting Komentar untuk "Aglaonema Lipstik Tidak Akan Ditemukan Di Hutan Manapun"