Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog Dijadikan Media Massa Online Pribadi ? Bisa Saja Kok!

Blog Dijadikan Media Online Pribadi ? Bisa Saja Kok!

Blog merupakan sebuah kata yang berasal dari web log, atau catatan hari/jurnal di internet. Biasanya dikelola oleh satu orang yang berisikan pengalaman, pemikiran, opini, atau kisah pribadi dari seseorang saja.

Cuma, belakangan ini, dengan berkembangnya citizen journalism atau jurnalisme warga, kata blog berkembang lebih jauh lagi. Blog bisa berubah menjadi sebuah media massa online yang dikelola oleh pribadi dan bukan organisasi.

Isinya, bisa sangat menyerupai website media resmi, meskipun secara hukum dan definisi blog tidak dianggap sebagai keluarga media massa. Hal itu bisa terjadi karena blog sebagai media massa tidak terdaftar pada institusi resmi, seperti Dewan Pers dan aturan yang berlaku bukanlah UU Pers tetapu UU ITE (Internet dan Transaksi Elektronik).

Walaupun demikian, tetap saja banyak blogger yang mengelola blognya seperti mengelola media online. Mereka mencari berita (biasanya via internet atau yang disaksikan langsung) tidak bedanya dengan jurnalis.

Memang, secara kualitas, validitas, dan keakuratan, blog yang dijadikan sebagai media massa online masih belum memadai. Hal itu disebabkan karena blogger pengelolanya tidak memiliki latar belakang jurnalistik.


Tetapi,  hal itu tidak menafikan bahwa ada perkembangan makna kata blog yang dulu hanya sebagai tempat untuk curhat uneg-uneg, kisah perjalanan, atau pengalaman pribadi, menjadi sebuah wadah dari citizen journalism, alias sebagai sebuah media berita online "tidak resmi".

Dan, blog Umum Sekali mengadopsi paling tidak sebagian konsep itu. Jangan heran kalau isi blog ini bisa berbagai macam, mulai dari opini penulisnya, informasi, dan berbagai hal lain yang tidak selalu dialami langsung oleh pengelolanya.

Semua dengan tujuan sederhana saja, yaitu berbagi informasi, pengetahuan, atau apapun yang dirasa bermanfaat bagi yang lain.
Anton Ardyanto
Anton Ardyanto Seorang blogger, bukan yang profesional, yang sangat suka menulis

Posting Komentar untuk "Blog Dijadikan Media Massa Online Pribadi ? Bisa Saja Kok!"