Bus Uncal : Sang Rusa Beroda Pengantar Wisatawan Dengan Cuma-Cuma

Bus Uncal : Sang Rusa Beroda Pengantar Wisatawan Dengan Cuma-Cuma
Add caption
Bogor, si Kota Hujan, adalah kota wisata. Kehidupan dan perekonomian kota di Selatan Jakarta ini banyak bergantung pada kedatangan wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, Pemda Kota Bogor berusaha terus menyediakan fasilitas untuk memanjakan para pelancong, selain tentu saja warganya sendiri.

Salah satu cara , pemerintah kota tersebut untuk mewujudkan hal ini adalah dengan menghadirkan sebuah layanan baru, yaitu "rusa" beroda yang bisa dipergunakan baik warga Bogor maupun pelancong untuk melihat tempat-tempat menarik yang ada di kota tersebut.

Namanya, Bus Uncal.

Kok  bus "rusa" atau kijang?

Kata Uncal yang ada di belakang kata bus sendiri artinya adalah kijang atau rusa. Kata ini dilekatkan pada layanan ini karena rusa merupakan salah satu ciri khasnya. Perhatikan saja, kalau Anda berjalan-jalan di sekeliling Istana Bogor, maka Anda akan melihat ratusan rusa memenuhi pekarangannya.

Rusa-rusa itu adalah Axis-Axis atau rusa totol yang pada tahun 1811-1816 dibawa ke Bogor oleh Belanda. Mulanya hanya enam pasang saja, tetapi kemudian beranak-pinak menjadi sekitar 600-700 an ekor.

Bermain dengan kijang, meski hanya lewat celah pagar istana merupakan salah satu kegiatan rutin warga Bogor di akhir pekan.

Karena itulah, kijang atau rusa menjadi salah satu ikon dari Kota Hujan, selain Tugu Kujang dan namanya dilekatkan pada inovasi layanan untuk menekankan bahwa Bogor adalah kota wisata.

Bentuknya berupa bis "tanpa dinding" alias terbuka. Dengan begitu para penumpangnya bisa melihat ke sekeliling selama perjalanan dilakukan.

Bus Uncal : Sang Rusa Beroda Pengantar Wisatawan Dengan Cuma-Cuma

Bus Uncal : Sang Rusa Beroda Pengantar Wisatawan Dengan Cuma-Cuma

Bus Uncal : Sang Rusa Beroda Pengantar Wisatawan Dengan Cuma-Cuma

Selama perjalanan seorang pemandu wisata akan menjelaskan tempat-tempat yang dikunjungi, termasuk sejarahnya.

Satu kali perjalanan dengan bus Uncal akan makan waktu sekitar 1 sampai 1 setengah jam, tergantung kemacetannya.

Rute yang dilewati akan bermula dari Balaikota Bogor, di seberang Istana Bogor. Jalurnya akan melewati beberapa jalan utama di Kota Hujan, seperti Jalan Sudirman, Jalan Pajajaran, dan Jalan Juanda. Ketiga jalan ini memang penuh dengan banyak peninggalan sejarah.

Beberapa tempat menarik yang juga akan disinggahi adalah Taman Heulang dan Taman Kencana yang dikenal sebagai lokasi favorit wisatawan atau warga Bogor untuk berekreasi.

Untuk menggunakan layanan bus Uncal, tidak dikenakan biaya, alias cuma-cuma, alias gratis. Yang berminat naik hanya perlu menunggu giliran dan sesuai jadwal yang tersedia karena bus ini akan berangkat sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Bus Uncal hanya beroperasi di akhir pekan saja, alias Sabtu dan Minggu saja. Hari-hari dimana jumlah wisatawan yang datang ke Bogor meningkat.

Nah, kalau Anda pergi bermain ke Bogor, jangan lupa untuk mencoba bus Uncal. Lumayan loh, sudah bisa berkeliling Kota Bogor gratis dan dapat pengetahuan juga.

Selamat mencoba!

Berlangganan via Email