Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Instagrammable Itu Sebenarnya Hanya Omong Kosong Saja

Kata Instagrammable Itu Sebenarnya Hanya Omong Kosong Saja

Kata Instagrammable adalah satu jenis kata yang banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama sejak semakin populernya media sosial berbasis foto, Instagram. Berbagai judul tulisan baik di media berita atau blog personal yang berkaitan dengan traveling atau wisata, hampir tidak bisa lepas dari pemakaian kata yang satu ini.

Kata Instagrammable dipandang banyak orang mewakili makna "Indah" atau "Bagus"

Padahal, sebenarnya kata yang satu ini sebenarnya bisa dikata sekedar omong kosong saja. Sebuah bukti keberhasilan jargon marketing, tetapi tidak mencerminkan kondisi sesungguhnya.

 Tidak percaya ?

Coba saja mulai dengan mengerti arti dari kata Instagrammable itu sendiri.

Dalam bahasa Inggris kata ini merupakan bentukan dari dua buah kata Instagram + Able. Kombinasi keduanya berarti "Layak Instagram" atau "Layak Masuk Instagram".

Kata "layak" sendiri berarti membutuhkan kriteria atau syarat. Sesuatu yang tidak memenuhi syarat itu akan dikategorikan sebagai "Tidak Layak".

Sebuah foto yang Instagrammable berarti dianggap memenuhi syarat untuk dipajang di media sosial milik Facebook itu.

Kalau diteliti, Instagram tidak memasang kriteria atau syarat apapun supaya foto bisa ditampilkan di aplikasi mereka. Kecuali yang berkaitan dengan SARA dan hal-hal yang tidak pantas, tidak tertulis ketentuan boleh tidaknya sebuah foto ditayangkan.

Mau foto itu sejelek apapun, pihak Instagram tidak akan melarang untuk ditampilkan. Foto blur dan tidak enak dilihat sekalipun, ya tetap boleh-boleh saja muncul di layar gawai Anda karena memang pada dasarnya tidak ada batasan layak atau tidak, selain yang tertulis pada hukum dan aturan.

Tidak heran kalau pada kenyataannya banyak sekali foto di Instagram yang bikin sepet mata dan sangat tidak enak untuk dilihat karena yang memotretnya hanya sekedar jepret saja. Bertentangan sekali dengan apa yang beredar di masyarakat bahwa "Instagrammable" itu berarti sesuatu yang indah.

Jadi, bisa dikata,  kata Instgrammable itu sebenarnya hanya omong kosong saja karena tidak ada kriteria sebagai pembatas layak tidaknya.