Mental Tahan Banting Harus Dimiliki Blogger Yang Ingin Mendapatkan Penghasilan Dari Blognya

Mental Tahan Banting Harus Dimiliki Blogger Yang Ingin Mendapatkan Penghasilan Dari Blognya

Life is never flat. Hidup tidak pernah datar. Begitu bunyi iklan salah satu keripik kentang dengan bintang iklan Agnes Mo.

Dan, memang benar sekali tagline dari iklan tersebut. Hidup tidak pernah datar-datar saja, selalu ada naik dan turun. Senang dan sedih akan silih datang berganti. Kesenangan dan kesusahan adalah kawan akrab yang tidak pernah tidak hadir.

Begitu juga dalam kehidupan seorang blogger, yang juga seorang manusia. Hidupnya tidak pernah lurus-lurus saja. Selalu ada naik dan turunnya. Kadang di atas, kadang di bawah.

Untuk itulah kenapa mental tahan banting harus dimiliki seorang blogger, terutama yang bermimpi mendapatkan penghasilan dari blognya. Hidupnya mirip si keripik kentang yang tidak pernah rata.

Bisa saja hari ini mendapatkan rejeki US$ 100, tetapi besoknya angka 0 yang didapatnya. Paginya, server baik-baik saja dan lancar jaya, siangnya tiba-tiba down. Dan, masih banyak lagi hal yang akan dialami.

Masalahnya, dengan kompetisi yang sedemikian ketat di dunia para blogger dan juga semakin rakusnya media massa online, yang merambah kemana-mana, masalah yang dihadapi blogger makin banyak.

Ia akan menghadapi banyak situasi yang bisa menyebabkan rasa putus asa timbul. Bagaimana tidak, ketika Tribun News dan Detik mulai menulis "hal-hal kecil" yang biasanya menjadi andalan para blogger, yang hadir adalah situasi ketika sang liliput melihat kehadiran sang raksasa sebagai kompetitor.

Tidak bisa disalahkan kalau mental seorang blogger langsung down. Kekuatan dana, SDM, dan fasilias yang dipunyai media online seperti mereka hampir mustahil diimbangi oleh para blogger. Sulit untuk tidak merasa demikian mengingat dari segi kekuatan dan dana, jelas sangat tidak sebanding.

Belum ditambah dengan update algoritma Google yang terus menerus dan rupanya lebih menguntungkan bagi media raksasa. Nilai iklan yang semakin hari semakin kecil dan terkadang membuat para blogger sulit membiayai sewa domain dan servernya.

Berat dan akan semakin berat di masa depan.

Tanpa memiliki mental tahan banting, hampir pasti jawaban paling mudah adalah "keluar" dari dunia yang tidak menguntungkan seperti ini. Sudah cukup banyak blogger yang memutuskan berhenti atau beralih menjadi Vlogger atau Youtuber atau Instagrammer.

Hanya mereka yang memiliki mentalitas tahan banting eperti ini yang akan terus melangkah dan berusaha memecahkan masalah yang ada.

Sepertinya bodoh, tetapi banyak fakta menunjukkan bahwa situasi yang sama juga terjadi di dunia bisnis apapun. Liliput harus bersaing dengan raksasa, kompetisi yang begitu ketat, dan berbagai kesulitan lain pasti dihadapi oleh wirausahawan. Belum lagi perubahan peraturan yang tidak jarang merugikan.

Situasi yang sama.

Bisnisman yang sukses biasanya adalah mereka yang bukan mundur saat menghadapi kesulitan, tetapi mereka yang memiliki mentalitas tahan banting. Alih-alih kabur dari "medan perang" mereka memeras otak lebih keras lagi dan menjadi lebih kreatif lagi untuk mengakali situasi yang ada.

Hal yang sama pasti berlaku juga dalam dunia blogger. Tantangan dan masalah akan selalu ada. Mereka yang tidak tahan banting akan mundur, tetapi mereka yang punya mentalitas ini akan bertahan dan terus berusaha maju dan meraih kesuksesan yang mereka impikan.

Dan, itulah yang akan dijalani Blog Umum Sekali. Kondisinya berat, tetapi kami akan tetap berusaha untuk maju dan lebih kreatif lagi, karena hanya jalan itu satu-satunya untuk bisa meraih kesuksesan yang diharapkan.

Karena kami menyadari bahwa dimanapun persaingan, kompetisi, tantangan, dan masalah akan selalu ada. Jika kami terus kabur dari itu, maka kami tidak akan mendapatkan apa-apa, kecuali rasa capek dan putus asa terus menerus.

Tidak ada komentar untuk "Mental Tahan Banting Harus Dimiliki Blogger Yang Ingin Mendapatkan Penghasilan Dari Blognya"

Berlangganan via Email