Beda Optical Zoom Dan Digital Zoom Pada Kamera

Beda Optical Zoom Dan Digital Zoom Pada Kamera
Zoom atau zooming yang artinya pembesaran adalah salah satu fitur umum yang ada pada kamera digital. Bukan hanya kamera DLSR/Mirrorless, tetapi kamera smartphone pun memiliki fitur yang satu ini. Dengan begitu, seseorang bisa merubah ukuran image yang ingin dimasukkan dalam bidang foto sesuai dengan keinginannya.

Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata ada dua teknik zoom yang sebenarnya berbeda, yaitu Optical Zoom dan Digital Zoom?

Memang, bagi masyarakat awam, terlihat tidak ada perbedaan. Keduanya dianggap sama saja, walaupun sebenarnya tidak. Hasilnya juga sebenarnya tidak sama.

Dimana beda Optical Zoom dan Digital Zoom?

1. Optical Zoom

Jenis optical zoom terdapat pada kamera DSLR/Mirrorless, atau prosumer.

Jenis pembesaran yang satu ini terjadi akibat dari perubahan posisi lensa yang menjauh atau mendekat ke posisi asal.

Hal itu bisa terlihat ketika kita menggunakan salah satu kamera jenis ini dimana saat kita melakukan zooming, tabung kamera akan menjulur ke luar dan menjauh dari posisi semula.

Pada saat ini, akan terjadi perubahan terhadap diafragma / aperture lensa, dimana biasanya akan membesar saat zooming dilakukan.


2. Digital Zoom

Digital zoom biasanya terdapat pada kamera smartphone. Karena keterbatasan ruang, melakukan pembesaran secara optical seperti nomor 1 tidak bisa dilakukan.

Oleh itu pembesaran dilakukan secara digital.

Pada prosesnya, tidak akan ada perubahan posisi lensa. Yang dilakukan sebenarnya adalah memperbesar image yang sudah ada/terlihat.

Prosesnya tidak beda ketika kita memperbesar sebuah foto pada komputer atau saat melakukan cropping.

Hasil foto biasanya akan cenderung "pecah" kalau resolusi kameranya kecil karena hasil digital zoom membuat pixel yang ada terlihat membesar

Pemakaian :

- Optical zoom biasa dipergunakan pada kamera DSLR/Mirrorless/Prosumer, tetapi smartphone kelas atas atau keluaran baru juga bisa melakukannya.

Caranya bukan dengan melakukan perubahan posisi lensa, tetapi dengan menambah jenis lensa dari mulai yang sempit sampai lebar. Saat pemotretan dilakukan, smartphone ini akan menyesuaikan dan memilih lensa dari yang ada

- Digital zoom, terdapat pada kamera ponsel, tetapi juga terdapat pada kamera digital, seperti DSLR/Mirrorless/Prosumer juga.

Hal itu bisa terjadi karena semua kamera digital dewasa ini memiliki layar Monitor LCD di bagian belakang dan layar ini sama dengan layar komputer yang memiliki fitur pembesaran

Tidak ada komentar untuk "Beda Optical Zoom Dan Digital Zoom Pada Kamera"

Berlangganan via Email