Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Butuh Protein ? Makan Belalang Saja ! Mengandung Omega 3 Juga loh!

Butuh Protein ? Makan Belalang Saja

Protein adalah salah satu unsur dalam makanan yang dibutuhkan manusia untuk hidup dan tumbuh. Selama ini mayoritas kebutuhan protein didapat dari hewan berkaki empat, seperti sapi, kambing yang dikembangbiakkan dalam sebuah peternakan.

Sayangnya, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa peternakan sapi, kambing, dan hewan berkaki empat lainnya ternyata menimbulkan masalah baru, gas rumah kaca. Selama proses memamah biak, sapi mengeluarkan gas rumah kaca, Nitrogen Oksida yang merusak ozone.

Belum ditambah dengan gas metana yang dihasilkan dari pembusukan kotoran sapi dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, FAO (Food and Agricultural Organization), Badan PBB yang berkaitan dengan pangan, merekomendasikan untuk mencari sumber pangan/protein alternatif.

Salah satu yang sangat dipertimbangkan adalah serangga.

Sudah terbukti berdasarkan penelitian bahwa beberapa jenis serangga memiliki kandungan protein yang besar menyamai protein sapi, contohnya jangkrik dan belalang.


Belalang bukanlah bahan pangan yang baru bagi manusia. Masyarakat di berbagai belahan dunia sudah cukup akrab memakan serangga ini sejak lama. Hanya saja, karena belakangan daging hewan berkaki empat seperti sapi mudah didapat, memakan belalang tidak lagi banyak ditemukan, meski masih ada sebagian masyarakat yang melakukan, termasuk di Indonesia.

Menurut penelitian, hewan pelompat ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, hampir 70% dari berat kering hewan ini adalah protein. Protein belalang selain tidak mengandung kolesterol , juga mengandung berbagai unsur yang dibutuhkan manusia, seperti Omega 3 dan Omega 6. (Sumber FOODNAVIGATOR)

Dengan fakta seperti itu dan kekhawatiran terhadap pemanasan global akibat gas rumah kaca, FAO mendorong penelitian lebih lanjut pemanfaatan belalang sebagai sumber pangan.

Hal yang sama juga mendorong Hargol Foodtech, sebuah perusahaan di Israel yang sebelumnya bernama Steak Tzar Tzar berani menginvesatikan milyaran rupiah untuk membangun "peternakan belalang" sejak 2017 yang lalu.

Pertanyaannya maukah masyarakat menerima serangga seperti ini ? Banyak yang sulit membayangkan bagaimana wujud belalang setelah dimasak dan karena itulah mereka sulit untuk menerima hewan ini sebagai makanan.

Tetapi, video di bawah ini bisa memberi gambaran yang lebih jelas bahwa wujud belalang setelah dimasak, sama saja dengan berbagai bahan makanan yang biasa dimakan manusia, seperti udang.

Belalang goreng akan memerah seperti udang yang digoreng.


Tinggal beranikah kita mencobanya karena secara teori belalang bisa memberikan protein yang dibutuhkan manusia? Tinggal rasa geli dan jijik saja yang membatasinya. Menurut agama Islam pun belalang halal untuk dimakan bahkan tanpa disembelih.

Berani coba?

Posting Komentar untuk "Butuh Protein ? Makan Belalang Saja ! Mengandung Omega 3 Juga loh!"