Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[INTERMEZZO] Kamu Seorang Fotografer Jika Punya Ribuan Foto Dan Kamu Tidak Ada Di Dalamnya

[INTERMEZZO] Kamu Seorang Fotografer Jika Punya Ribuan Foto Dan Kamu Tidak Ada Di Dalamnya

Tahu bagaimana mengetahui Anda seorang fotografer atau bukan ? Photodoto, salah satu website fotografi terkenal dunia dan didirikan oleh salah seorang fotografer pro ternama, pernah menyebutkan salah satu caranya.

Cara tersebut terdengar tidak masuk akal dan lucu , tetapi bagi penggelut dunia fotografi apa yang disebutkannya sangat mewakili fakta.

Salah satu ciri Anda seorang fotografer adalah "Memiliki ribuan foto, tetapi Anda tidak ada dalam satupun foto itu".


Faktanya,

1. Para fotografer memang biasanya terlalu sibuk memotret dan karena keasyikannya, ia terkadang lupa dengan dirinya sendiri

Sayapun begitu beberapa waktu yang lalu saat sedang company gathering ke Kamboja. Selama hampir seminggu perjalanan dan menghasilkan ratusan foto, ternyata hampir tidak ada foto di dalamnya.

2. Para fotografer lebih suka berada di belakang kamera dan bukan di depannya

Memotret itu memberikan keasyikan sendiri. Mencari settingan kamera yang pas, menentukan dimana obyek harus ditempatkan, latar belakang yang bisa menonjolkan obyeknya, dan banyak hal lain yang membuatnya menjadi tidak membosankan.

Tidak beda dengan penghobi otomotif yang kalau sudah mengutak atik motor atau mobil bisa lupa makan dan minum.

Hasilnya, kebanyakan fotografer tidak suka berada di depan kamera, karena dengan begitu mereka kehilangan kegiatan yang sangat disukainya

3. Hasil foto orang lain tidak sebagus buatannya

Alasan lain yang menyebabkan seorang fotografer malas untuk punya foto adalah karena kalau ia meminta orang lain memotret dirinya, hasilnya pasti "JELEK". Tidak sesuai apa yang diinginkannya.

Hal ini bisa dimaklum karena seorang fotografer biasanya punya skill memotret di atas rata-rata orang awam. Dan, kalau mereka meminta orang awam memotret dirinya, pasti hasilnya tidak sebagus kalau ia yang melakukannya.

Ciri fotografer ala Photodoto itu meski terdengar tidak logis, tetapi bagi mereka yang bergelut di dalamnya, sangat masuk akal.

Pandangan yang terdengar asal-asalan itu mencerminkan , sifat, karakter, kondisi, dan fakta yang banyak terjadi di dunia fotografi.

Dan, saya sendiri merasakan kebenarannya juga, meski 98% saja. Di hard disk komputer, tempat dimana saya menyimpang puluhan ribu foto, hanya ada "beberapa", tidak banyak foto dimana saya berada di dalamnya.

Posting Komentar untuk "[INTERMEZZO] Kamu Seorang Fotografer Jika Punya Ribuan Foto Dan Kamu Tidak Ada Di Dalamnya"