Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Istilah Lensa Kit Dalam Fotografi

Mengenal Istilah Lensa Kit Dalam Fotografi

Pernah mendengar istilah Lensa Kit ? Biasanya istilah ini kerap digunakan oleh para penjual kamera saat menawarkan sebuah kamera pada pembeli.

Tidak jarang juga istilah yang sama dipakai saat memberikan informasi tentang bagaimana sebuah foto dihasilkan.

Tetapi, sebenarnya apa sih makna dari lensa kit tadi ?

Nah, sebenarnya istilah ini biasa dipakai pada jenis kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau Mirrorless. Kedua kategori kamera ini memang bisa digonta ganti lensanya.

Pada kamera saku atau prosumer, istilah ini tidak dipakai karena kedua jenis kamera ini hanya memiliki lensa yang tetap dan tidak bisa diganti.

Apa Itu Lensa Kit


DSLR atau Mirrorless adalah kamera yang bisa digonta ganti lensanya. Oleh karena itu, tidak jarang keduanya ditawarkan dalam kondisi "body only" alias tanpa lensa.

Bagi yang sudah paham tentang kamera, tentunya hal ini akan memberikan keuntungan, karena mereka bisa membeli badan kamera saja, dan kemudian memilih lensa yang sesuai kebutuhan.

Sayangnya, bagi yang tidak paham, hal itu membingungkan. Bagaimana mereka mau memotret kalau tidak ada lensanya?

Untuk itulah biasanya produsen akan memasang satu jenis lensa sehingga kamera DSLR atau Mirrorless dapat dijual dalam satu paket utuh, kamera dan lensa.

Dan, lensa yang biasa dipasangkan dengan kedua jenis kamera ini dan kemudian ditawarkan dalam satu paket utuh yang dikenal sebagai lensa kit. Lensa bawaan.

Biasanya lensa kit ini tidak mahal (untuk menekan harga jual) dan memiliki kemampuan standar. Biasanya juga berbentuk lensa zoom.

Salah satunya, pada DSLR Canon dan Nikon, lensa kitnya adalah ukuran 18 - 55 mm dengan batasan aperture antara 3.5 - 5.6  Untuk merk lain bisa saja berbeda karena masing-masing punya spesifikasi dan juga jenis lensa kit sendiri.

Jenis lensa ini akan sangat mencukupi untuk kebutuhan standar pemotretan.

Jadi, bisa dikata istilah lensa kit mengacu pada jenis lensa yang biasanya dipasangkan dengan sebuah kamera dalam satu paket saat penjualan.

Jadi, kalau Anda mendengar seorang pemakai DSLR Canon atau Nikon mengatakan mereka memakai lensa kit, pasti itu lensa ukuran 18-55 mm.
Anton Ardyanto
Anton Ardyanto Seorang blogger, bukan yang profesional, yang sangat suka menulis

Posting Komentar untuk "Mengenal Istilah Lensa Kit Dalam Fotografi"