Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Jadi Full Time Blogger ? Jangan Lepas Pekerjaan Tetap Dulu

Niat Jadi Full Time Blogger, Jangan Lepas Pekerjaan Tetap Dulu

Salah satu impian, yang diimpikan banyak blogger adalah suatu waktu mereka mencapai level yang namanya full time blogger. Dengan kata lain, mereka bisa melepaskan pekerjaan rutin dan kemudian mencari nafkah dari blog yang mereka kelola.

Siapa sih yang tidak mau? Bebas dari rutinitas yang membosankan di kantor, kerja di rumah sambil santai-santai, tidak perlu bangun pagi dan pulang petang, bebas mengatur waktu kerja sendiri.

Dan, uang datang.

Coba, siapa yang tidak ingin hidup seperti itu?

Mayoritas orang mengimpikan hal yang seperti itu bisa terwujud.

Apalagi di internet banyak sekali tulisan yang memberikan berbagai tips dan trik supaya blog bisa menghasilkan uang dalam waktu cepat. Sepertinya mendapatkan duit dari blog itu gampang dan tidak perlu kerja keras.

Faktanya tidak seindah impian, selalu seperti itu. Mengelola blog hingga bisa menghasilkan uang yang cukup untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga tidaklah semudah yang dibayangkan.


Tidak bisa santai-santai dan rekening menjadi gemuk dengan sendirinya. Butuh kerja keras yang sangat banyak dan menempuh proses yang panjang serta menguras energi.

Itupun belum ada kepastian bahwa penghasilan bisa mencukupi.

Memang betul, blog bisa menghasilkan uang. Tetapi, apakah jumlah uang tersebut cukup atau tidak bagi kehidupan adalah lain hal.

Pengalaman saya sendiri, yang sudah lebih dari 5 tahun menjadi blogger membuktikan kebenaran blog bisa menghasilkan uang. Sayangnya, jumlahnya masih sangat jauh dari bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga, yang sebenarnya tidak terlalu besar untuk ukuran masa kini.

Uang memang cukup untuk jajan bersama keluarga, tetapi untuk membayar listrik, ledeng, uang sekolah anak, belanja bulanan dan lain-lain, pemasukan dari blog belumlah cukup.

Tidak seperti yang disebutkan dalam banyak tulisan.

Bukan berarti bahwa hal itu tidak mungkin diwujudkan. Kenyataannya, sangat mungkin sekali suatu waktu blog bisa menghasilkan uang.

Cuma, hal itu akan memerlukan kerja keras lebih banyak lagi.

Padahal, pada saat bersamaan kebutuhan keluarga tetap harus dipenuhi. Jika hanya mengandalkan pemasukan dari blog, bisa kacau balau kehidupan keluarga.

Oleh karena itulah, jika memang Anda  berniat menjadi full time blogger, teruslah berjuang dan berusaha. Tetapi, pada saat bersamaan, janganlah dulu melepaskan pekerjaan tetap apapun yang sudah dijalani.

Memang rutinitas pekerjaan tetap itu membosankan dan menyebalkan, tetapi bisa menopang keluarga.

Teruslah berusaha seproduktif mungkin dengan waktu yang tersisa, sampai pada saatnya nanti ketika penghasilan dari blog bisa memenuhi semua keperluan. Saat itu, barulah kita berpikir untuk melepas pekerjaan tetap yang ada dan beralih menjadi full time blogger.

Pertanyaannya, apakah masa itu akan datang atau tidak? Karena bagaimanapun, blog sebagai penghasil uang sama dengan sebuah bisnis.

Dan, sebuah bisnis, bisa untung dan bisa rugi. Kemungkinan berhasil atau gagal sama besarnya.

Tidak ada jaminan keberhasilan disana. Yang bisa dilakukan hanyalah berusaha terus dan memperbesar peluang untuk berhasil.

Tidak bisa lebih dari itu.
Anton Ardyanto
Anton Ardyanto Seorang blogger, bukan yang profesional, yang sangat suka menulis

Posting Komentar untuk "Niat Jadi Full Time Blogger ? Jangan Lepas Pekerjaan Tetap Dulu"