Yang Pakai Lapisan Teflon Bukan Cuma Penggorengan Dan Panci Saja, Kain Juga Bisa

Yang Pakai Lapisan Teflon Bukan Cuma Penggorengan Dan Panci Saja, Kain Juga Bisa

Kalau mendengar kata "TEFLON', kira-kira apa yang langsung terbayang di kepala Anda? Penggorengan dan panci kan?

Tidak salah banget karena penggorengan dan panci dengan lapisan Teflon merupakan idaman para ibu rumah tangga. Lebih mudah dicuci dan dibersihkan karena apapun yang dimasak , bekasnya tidak akan menempel pada permukaan metal kedua alat tersebut.

Tapi, sebenarnya bukan cuma penggorengan dan panci yang memanfaatkan teknologi lapisan Teflon. Masih banyak benda lain, dan salah satunya mungkin Anda tidak menyadari.

Baju yang sedang Anda pakai bisa jadi menggunakan Teflon.

Iya, baju Anda mungkin memilikinya.  Coba perhatikan atau ingat-ingat kalau saat baru dibeli apakah ada label Teflonnya? Kalau ada, berarti memang baju Anda ada lapisannya. Kalau tidak, tapi ada kata "stain repellent/release", baju itu memiliki lapisan yang punya fungsi seperti Teflon, tapi buatan pabrik lain.

Sudah lebih dari satu dekade, DuPont atau sekarang Invista, memperkenalkan Teflon bagi produk tekstil.

Pada awalnya dipergunakan pada pakaian kerja, seperti pakaian montir atau pekerja lapangan. Tetapi, belakangan karena permintaan juga diterapkan pada pakaian-pakaian jenis lain.

Kain yang diberi lapisan Teflon akan

  • anti air, kotoran, atau cipratan
  • lebih mudah dicuci karena kotoran mudah terlepas dari serat kain

Tidak beda dengan fungsi lapisan Teflon pada penggorengan.

Proses pemberian lapisannya dilakukan saat produksi kain, yaitu pada bagian finishing, yaitu setelah kain mengalami proses pewarnaan.

Sebelum bisa dipasarkan, kain yang mempergunakan lapisan Teflon akan menjalani tes performa pada beberapa jenis. Barulah kalau lulus dari tes tersebut, kain bisa menyandang label Teflon dan baju yang terbuat dari kain ini juga berhak memakai label Teflon saat dijual.

Jadi, kalau mendengar kata TEFLON, jangan langsung membayangkan panci dan penggorengan saja. Siapa tahu baju Anda punya lapisan itu.

Tidak ada komentar untuk "Yang Pakai Lapisan Teflon Bukan Cuma Penggorengan Dan Panci Saja, Kain Juga Bisa"

Berlangganan via Email