Sushi = Ikan Mentah? Berarti Belum Tahu Basashi, Sushi Daging Kuda

Sushi = Ikan Mentah? Berarti Belum Tahu Basashi, Sushi Daging Kuda
Basashi, Sushi Daging Kuda - Sumber foto : Wikimedia Commons/Public domain
Kata sushi bukanlah kata aneh bagi masyarakat Indonesia d zaman sekarang. Kuliner yang berasal dari negara sakura, Jepang ini, sudah cukup akrab karena begitu banyak restoran Jepang membuka cabang mereka di berbagai kota di Nusantara.

Hanya, mayoritas orang akan langsung terbayang berbagai sajian yang terbuat dari ikan mentah, kalau kata sushi diucapkan. Padahal sebenarnya, tidak demikian. Jenis sushi banyak dan ada yang tidak terbuat dari ikan.

Sushi = Ikan Mentah? Berarti Belum Tahu Basashi, Sushi Daging Kuda
Kredit Foto : Kirk K Via Flickr
Contohnya adalah Basashi. Sushi yang satu ini istimewa karena tidak terbuat dari ikan, melainkan hewan berkaki empat, yaitu daging kuda.

Basashi termasuk makanan populer di negara para samurai itu karena bisa ditemukan di berbagai restoran sushi. Meskipun demikian, makanan yang satu ini merupakan spesialisasi dari Prefektur Kumamoto.

Sushi daging kuda ini juga memiliki julukan lain, yaitu Sakura Niku atau dalam bahasa Indonesia daging sakura. Julukan ini melekat padanya karena warna sushinya yang merah cerah/menyala menyerupai warna bunga sakura.

Nama itu juga dihubungkan dengan kebiasaan di masa lalu, yaitu ketika makan daging kuda dilarang pada masa pemerintahan Bakufu di Edo (sekarang Tokyo). Pada masa itu, untuk menghindari pengawasan dari pemerintah, penikmat daging kuda memiliki kode khusus, yaitu Sakura Niku.


Kredit Foto : Hajime Nakano Via Flickr

Basashi sendiri tidak begitu populer di negara Eropa dan negara Barat lainnya karena mayoritas masyarakat di negara-negara tersebut menganggap kuda sebagai sahabat manusia dan bukan sumber makanan.

Tidak ada komentar untuk "Sushi = Ikan Mentah? Berarti Belum Tahu Basashi, Sushi Daging Kuda"

Berlangganan via Email