Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayang Istri : Lomba Gendong Istri Ala Finlandia

Kredit Foto : wikemedia commons
Sayang sekali, karena pandemi Covid-19, banyak sekali lomba atau festival menarik yang terpaksa dibatalkan. Salah satunya adalah sebuah lomba unik dari negara Skandinavia, Finlandia, yaitu lomba gendong istri.

Lomba ini memang lebih masuk dalam permainan, tetapi ternyata penggenarnya banyak juga. Meski secara resmi tercatat dilahirkan di Sonkajärvi, Finlandia, tahun 1992, lomba yang satu ini menyebar ke berbagai penjuru dunia. Sebuah hal yang tidak aneh karena pasangan suami istri itu banyak di dunia. Di negara asalnya lomba gendong istri ini bernama eukonkanto

Tidak terlalu banyak aturan dalam lomba ini selain, pesertanya harus berpasangan. Pria akan menggendong wanita, baik itu istri sendiri atau istri tetangga, tidak dipermasalahkan meski namanya lomba gendong istri. Yang terpenting adalah berat si wanita harus lebih dari 49 kilogram.

Cara menggendongnya terserah dan tidak ada batasan. Apakah mau digendong dengan kepala di atas seperti biasa, atau di samping, atau di bawah.

Jarak yang harus ditempuh lumayan jauh juga, 253,5 m. Pada versi aslinya, dalam jarak tersebut akan ada 3 halangan, salah satunya kubangan berair sedalam 1 meter.

Asal muasal lomba ini tidak diketahui, tetapi paling tidak ada versi yang mendasari kelahiran lomba unik ini, yaitu

1. Seorang perampok bernama Herkko Rosvo-Ronkainen sering melakukan pencurian baik berupa benda, makanan, dan juga wanita. Saat melarikan diri para wanita hasil curian ini akan digendong di punggung

2. Versi kedua menyebutkan bahwa tradisi ini lahir dari kebiasaan di masa lalu (tahun 1800?) bahwa seorang pria akan pergi ke kampung sebelah dan kemudian mencuri istri dari pria lain. Wanita yang dicurinya ini kemudian akan dinikahi dan dijadikan istrinya

3. Versi yang terakhir, istilah menggendong istri sebenarnya merupakan kiasan, bukan sebenarnya. Hal ini merujuk pada latihan si perampok, Ronkainen yang terus berlatih menggendong beban berat sebagai persiapan melakukan pencurian.

Yang manapun, lomba gendong istri ini merupakan sebuah tradisi menarik yang biasa diadakah di pertengahn musim panas.

Yang sayangnya, untuk tahun 2020 diputuskan untuk ditiadakan.
Anton Ardyanto
Anton Ardyanto Seorang blogger, bukan yang profesional, yang sangat suka menulis

2 komentar untuk "Sayang Istri : Lomba Gendong Istri Ala Finlandia"

  1. Gendong covid19 aja deh ke tempat pemusnahan ... Gara2 covid19 banyak acara tidak direkomendasikan terlaksana. Menghilangkan rejeki banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hus.. kasian yang gendong, nanti tertular..

      Yah memang sangat disayangkan banyak sekali event yang dibatalkan, tapi pasti selalu ada sisi baik dari semua hal. Iya kan? Cuma kita belum nemu saja

      Hapus